SOLOPOS.COM - Nasi Jotos Madiun. (Instagram/@milasyifa)

Solopos.com, MADIUN -- Kuliner apa yang langsung terbersit di benak Anda begitu mendengar nama Kota Madiun? Ya, pecel. Makanan semua kalangan ini memang identik dengan Madiun.

Namun, kuliner di daerah yang memiliki sebutan Kota Pendekar ini tak melulu pecel. Ada makan lain yang memiliki nama unik. Nasi Jotos.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ya..Anda tak salah baca, nasi jotos. Tapi tenang, memakan nasi ini tidak akan membuat Anda babak belur kena jotos. Anda justru akan menikmati rasanya yang nikmat di balik kesederhanaan sajiannya.

Dari namanya, nasi jotos, mungkin yang terbayang adalah kepalan tinju. Tidak salah memang, karena nama nasi tersebut diambil dari ukuran besarnya nasi yang seukuran kepalan tinju orang dewasa.

Inilah Potret Keindahan 5 Gunung di Ponorogo

Sebenarnya, nasi jotos Madiun mirip nasi kucing di Yogyakarta dan Solo atau nasi jinggo di Bali. Yang membedakan adalah ukuran nasi di Madiun lebih besar.

Nasi yang cocok disantap kapan saja ini biasa disajikan dengan lauk berupa telur, tempe atau tahu. Tak lupa sambal tomat yang khas dan beberapa tambahan berupa mi atau bihun.

Makanan ini dibungkus dengan daun pisang yang mengeluarkan aroma menggugah selera ketika terkena uap dari nasi panas nasi jotos. Namun, ada pula penjual yang membungkus menggunakan kertas minyak.

Ternyata Jambu Kristal Kaya Manfaat Kesehatan

Melansir dari liputan6.com, ada beberapa tempat di Kota Madiun yang terkenal dengan kelezatan nasi jotosnya seperti di Jl. Mangga, Jl. Salak, Jl. MT Haryono dan Jl. Pandjaitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya