SOLOPOS.COM - Tugu ikon Surabaya. (Dok. Bisnis.com)

Solopos.com, SURABAYA — Provinsi Jawa Timur atau Jatim memiliki rata-rata suhu udara sekitar 27,1 derajat Celcius. Terbagi dalam 38 kabupaten/kota, Surabaya menjadi kota terpanas yang ada di Jawa Timur.

Indonesia memang memiliki sejumlah daerah yang cuacanya cukup panas. Hal ini tak terlepas dari iklim tropis sehingga Indonesia memiliki dua musim, yakni hujan dan kemarau.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), suhu rata-rata di wilayah Provinsi Jawa Timur selama tahun 2021 adalah 27,1 derajat Celcius. Kendati demikian, suhu udara tertinggi pernah dicatatkan Kota Surabaya hingga predikat kota terpanas layak disematkan Ibu Kota Jawa Timur itu.

Dilansir dari akun Instagram BMKG, Kota Surabaya pernah mencatatkan suhu tertinggi pada 12 Mei 2022 lalu, yakni mencapai 36,4 derajat Celcius. Suhu itu tidak hanya tertinggi di Jawa Timur, tapi juga di Indonesia.

Catatan suhu maksimum tertinggi itu pun membuat Surabaya menjadi kota terpanas di Jawa Timur, dan juga di Indonesia.

Baca juga: Dewa 19 Awali Perayaan 30 Tahun Berkarya di Surabaya

Kendati demikian, catatan suhu terpanas ini juga pernah diukir Kota Surabaya pada Agustus 2021 lalu. Tepatnya pada tanggal 25 Agustus 2021, suhu udara di Kota Surabaya mencapai 36 derajat Celcius.

Suhu itu sempat mengalami penurunan periode 28 Agustus hingga 29 Agustus 2021. Namun penurunannya tidak cukup signifikan, yakni hanya berkisar 35,6 derajat Celcius dan 35,8 derajat Celcius.

Selain menjadi kota terpanas, Surabaya juga menjadi kota terpadat di Jawa Timur. Dengan luas sekitar 350,54 km persegi, Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk mencapai 2,8 juta jiwa.

Baca juga: Inilah Alasan Jombang Disebut Kota Santri

Sementara itu, jika Surabaya menjadi kota terpanas di Jatim, maka kawasan Ranu Pani di lereng Gunung Semeru menjadi daerah terdingin. Di daerah ini suhu udara bisa mencapai minus 4 derajat Celcius, yang menyebabkan turunnya salju lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya