SOLOPOS.COM - Gedung Prajnaparamita UIN Satu Tulungagung. (IG @uin_satu)

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Meski tidak terlalu tenar sebagai kota pelajar seperti di Kota Malang maupun Kota Surabaya yang memiliki deretan perguruan tinggi favorit, ternyata di Kabupaten Tulungagung juga memiliki sejumlah perguruan tinggi. Di kabupaten ini juga memiliki perguruan tinggi negeri yang menjadi jujukan bagi lulusan SLTA di sekitar wilayah tersebut, yakni Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah.

Berikut ini deretan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tulungagung:

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

  1. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Dilansir dari uinsatu.ac.id, pada awalnya UIN Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) Tulungagung adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yaitu bentuk pengembangan dan peningkatan serta pemantapan status dari Fakultas cabang IAIN Sunan Ampel yang berada di luar induknya, yang tersebar di berbagai daerah dan menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

STAIN Tulungagung berdiri sejak tahun 1968 sebagai kelanjutan dari SP IAI Singoleksono yang berdiri pada tahun 1966. Lalu pada tahun 2021 berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah.

UIN Satu Tulungagung sejauh ini memiliki empat fakultas yang meliputi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguguran, Fakultas Ushuluddin Adab & Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta memiliki Program Sarjana.

  1. Universitas Tulungagung

Universitas Tulungagung atau yang disebut dengan Unita merupakan kampus swasta di Tulungagung yang berdiri sejak 18 Mei 1984. Kampus Universitas Tulungagung terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro, Beji, Kecamatan Boyolangu. Dilansir dari unita.ac.id, Universitas Tulungagung telah terakreditasi Institusi (AIPT) dengan predikat “B” oleh BAN PT dan memiliki 5 Fakultas 7 Program Studi yang sudah terakreditasi BAN PT.

Fakultas di Unita meliputi Fakultas Ekonomi yang terdiri dari Prodi Manajeman dan Prodi Akuntansi, Fakultas Hukum terdiri dari Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Teknik yang terdiri dari Prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektro, Fakultas Pertanian yang terdiri dari Prodi Agribisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdiri dari Prodi Administrasi Publik.

  1. Sekolah Tinggi Agama Islam DiponegoroTulungagung

Sekolah Tinggi Agama Islam Dipnegoro atau yang disebut dengan STAIDIPTA berlokasi di Jalan R. A. Kartini No. 47, Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung. Dilansir dari berbagai sumber, kampus ini berawal dari Pengurus Nahdlatul Ulama Cabang Tulungagung yang telah memiliki lembaga pendidikan mulai dari jenjang kanak-kanak hingga jenjang tingkat atas. Dalam perkembangannya kemudian dibangun perguruan tinggi Islam untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman.

STAIDIPTA memiliki Program Studi yang meliputi Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

  1. Universitas Bhineka PGRI Tulungagung

Universitas Bhinneka PGRI atau yang disebut dengan UBHI, adalah hasil perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Tulungagung yang disingkat STKIP PGRI Tulungagung. UBHI berdiri sejak tahun 1973 dan kampusnya terletak di Jalan Mayor Sujadi Timur No. 7 Tulungagung.

Dilansir dari ubhi.ac.id, Universitas Bhinneka PGRI memiliki 2 Fakultas yang meliputi Fakultas Sosial Humaniora dan Fakultas Sains dan Teknologi. Sedangkan program studi meliputi Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Prodi Pendidikan PKn, Prodi Pendidikan Guru SD, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif, Prodi Arsitek, Prodi Teknik Industri, Prodi Informatika, Prodi Magister Pendidikan IPS serta Prodi Magister Pendidikan Matematika.

  1. Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke bidang kesehatan bisa masuk ke Stikes Hutama Abdi Husada. Kampus Stikes Hutama Abdi Husada telah berdiri sejak tahun 1999. Kampusnya terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 1, Kedung Indah, Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Kampus Stikes Hutama Abdi Husada memiliki berbagai macam program studi yang dapat Anda pilih meliputi S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, D4 Teknologi Laboraturium Medis, D3 Teknologi Laboratorium Medis, S1 Kebidanan dan D3 Kebidanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya