SOLOPOS.COM - Sendang Bulus, salah satu tempat wisata favorit di Ponorogo. (jadesta.com)

Solopos.com, PONOROGO — Kabupaten Ponorogo tidak hanya dikenal sebagai kota seni dan budaya di wilayah Jawa Timur bagian barat. Hal ini karena Ponorogo sampai saat ini masih konsisten melestarikan kesenian reog.

Pada beberapa waktu lalu di Ponorogo juga baru selesai menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo. Seperti diketahui festival reog ini menjadi salah satu agenda nasional, yaitu top 10 Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tidak hanya dikenal sebagai Kota Reog, ternyata kabupaten ini juga memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga wisata buatan. Tempat-tempat wisata di Ponorogo tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain.

Pada tahun 2022, jumlah wisatawan domestik di Ponorogo mencapai angka 589.268 orang. Angka tersebut meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 161.758 pengunjung.

Berikut ini lima tempat wisata yang menjadi favorit pengunjung atau dengan jumlah pengunjung di Kabupaten Ponorogo berdasarkan data dari Kabupaten Ponorogo Dalam Angka 2023 yang BPS:

  1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Data dari BPS menunjukkan jumlah pengunjung di Telaga Ngebel paling banyak dibandingkan tempat wisata lain yang berada di Kabupaten Ponorogo. Pada tahun 2022, jumlah pengunjung tempat wisata ini mencapai 281.760 orang.

telaga ngebel ponorogo
Perahu Naga Wisata yang baru diluncurkan Pemkab Ponorogo di Telaga Ngebel, Senin (3/7/2023). (ponorogo.go.id)

Telaga Ngebel menyajikan panorama indah dari danau yang dikelilingi pepohonan hijau. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Wilis menjadikan suhu udaranya sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Berbagai wahana permainan air yang tersedia juga menambah daya tarik wisata andalan Ponorogo ini. Di Telaga Ngebel juga kini ada wahana air terjun menari dan perahu naga yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu. Telaga Ngebel ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-18.00 WIB.

  1. Makam Kiai Ageng M. Besari & Masjid Tegalsari

Objek wisata yang paling banyak dikunjungi kedua adalah Makam Kiai Ageng M. Besari & Masjid Tegalsari. Lokasinya terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Menurut data dari BPS, jumlah pengunjung tempat wisata religi ini mencapai 69.657 pengunjung pada tahun 2022.

Diketahui bahwa Kiai Ageng Muhammad Besari merupakan pendiri Pondok Pesantren Tegalsari Ponorogo sekitar abad ke-18. Dikutip dari beberapa sumber, Kiai Ageng M. Besari memiliki ibu yang garis keturunannya sampai kepada Rasulullah SAW melalui garis Sayyidati Fatimah Az-Zahra, sedangkan ayahnya mengalir darah Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit.

masjid tertua di jatim wisata ponorogo
Masjid Tegalsari Ponorogo. (ponorogo.go.id)

Makam Kiai Ageng M. Besari terletak di kompleks Masjid Tegalsari. Beliau wafat pada tahun 1773. Makamnya banyak dikunjungi para peziarah, mulai dari dalam kota, luar kota, hingga luar Pulau Jawa. Jumlah peziarah pun bertambah pada saat menjelang Ramadan. Menurut beberapa sumber, masyarakat dan santri yang datang ke makam tersebut berkeyakinan bahwa dengan berziarah, berdoa, dan bertawassul dapat meningkatkan derajat hidupnya, dimudahkan hajatnya, serta dimudahkan mendapatkan keturunan yang saleh dan salehah.

  1. Sendang Bulus

Sendang Bulus merupakan wisata air yang cukup populer dan ikonik di Ponorogo. Dinamakan Sendang Bulus karena terdapat hewan langka, yakni bulus atau sejenis kura-kura berpunggung lunak yang ada di dalam kolam airnya. Data dari BPS menunjukkan bahwa Sendang Bulus menjadi objek wisata yang jumlah pengunjungnya terbanyak ketiga di Ponorogo, yakni mencapai 66.175 pengunjung pada tahun 2022.

Dikutip dari jadesta.com, Sendang Bulus berada di sebelah timur Desa Pager atau tepatnya di Pager Tengah, Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Sendang Bulus dapat menjadi tempat wisata yang menghibur khususnya bagi anak-anak karena dilengkapi dengan beberapa wahana permainan, seperti taman bermain, ayunan, sepeda air, dan lain-lain.

tempat wisata ponorogo
Sendang Bulus, salah satu tempat wisata favorit di Ponorogo. (jadesta.com)

Pepohonan hijau juga menambah keasrian di Sendang Bulus, terutama ketika siang hari. Bagi yang ingin berkunjung, jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-17.30 WIB.

  1. Brilliant Water Park

Objek wisata berikutnya adalah Brilliant Water Park yang terletak di Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Menurut data yang dikeluarkan BPS, Brilliant Water Park memiliki jumlah pengunjung yang mencapai 52.022 orang pada tahun 2022.

Wisata air ini cocok dijadikan destinasi ketika liburan tiba karena menyediakan kolam renang bagi anak-anak hingga dewasa. Tempat wisata ini dilengkapi dengan seluncuran, sarana outbond, kamar mandi, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung tidak perlu khawatir apabila merasa lapar karena di Brilliant Water Park juga menyediakan restoran dengan konsep alam pedesaan, yang terletak di atas danau buatan.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung harus membayar tiket Rp10.000 per orang. Sedangkan jam operasionalnya dibuka setiap hari kecuali Jumat mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

  1. Makam Batoro Katong

Makam Batoro Katong merupakan tempat wisata religi yang letaknya di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Data dari BPS menunjukkan bahwa jumlah pengunjung wisata religi ini mencapai 18.783 pengunjung pada tahun 2022.

Dikutip dari laman jawatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id, Batoro Katong merupakan adipati pertama Ponorogo pada tahun 1496. Makam Batoro Katong memang sedikit berbeda dengan makam-makam raja atau tokoh lain. Hal tersebut karena makam pendiri Kabupaten Ponorogo ini berada di tengah-tengah pemukiman penduduk dengan tujuh gapura pintu masuk, yang mana melambangkan lapisan langit sebagaimana yang terjadi dalam Isra’ Mi’raj. Oleh karena itu, bagi yang ingin berziarah harus sedikit bersabar karena harus melewati tiap gapura dengan masing-masing jarak sekitar 200 meter.

Ziarah ke Makam Batoro Katong dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian kegiatan Grebeg Suro. Hal ini bertujuan untuk selalu mengingat para pendahulu yang telah berjasa dalam membangun Ponorogo, serta guna melestarikan tradisi dan budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya