SOLOPOS.COM - Perahu menyeberangkan penumpang melintasi Bengawan Solo, wilayah Bojonegoro, Jatim. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)

Infrastruktur Bojonegoro ini terkait rencana pembangunan dua jembatan di Sungai Bengawan Solo.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Dua jembatan akan segera dibangun di atas Sungai Bengawan Solo wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kedua jembatan itu bakal menghubungkan Kecamatan Kota-Trucuk dan Kecamatan Kanor-Rengel, Tuban, sebagai upaya membuka akses lalu lintas masyarakat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro Andi Tjandra, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Kota-Trucuk akan dibangun dengan biaya Rp54 miliar dari APBD.

Sedangkan biaya pembangungan jembatan Bengawan Solo yang menghubungkan Kecamatan Kanor-Rengel, Tuban, patungan antara Bojonegoro, Tuban, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Perkiraan kami besarnya biaya pembangunan jembatan Bengawan Solo di daerah setempat sekitar Rp60 miliar,” ujar Andi Tjandra di Bojonegoro, Kamis (12/5/2016).

Ia mengharapkan besarnya biaya pembangunan jembatan Bengawan Solo itu dari Pemprov Jawa Timur, sebesar 40 persen, sedangkan kedua kabupaten masing-masing 30 persen.

Andi menyebut hasil studi kelayakan pembangunan jembatan Kanor-Rengel nantinya diserahkan kepada Pemprov Jawa Timur. “Saat ini studi kelayakan masih dalam proses,” ungkap dia.

Menurut dia, pelaksanaan pembangunan jembatan yang pertama yaitu jembatan Bengawan Solo Kecamatan Kota-Trucuk, dimulai pada 2016 dan diharapkan selesai pada 2017.

Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan jembatan Bengawan Solo di Kecamatan Kanor-Rengel. “Pembangunan jembatan Kanor-Rengel tidak terlalu membutuhkan tanah, sehingga prosesnya lebih mudah,” beber Andi.

Berdasarkan data di DPU Bojonegoro, jembatan Bengawan Solo Kecamatan Trucuk-Kota, memiliki panjang 145 meter, lebar 9,75 meter dengan model lengkung grider.

“Keberadaan jembatan Bengawan Solo diharapkan mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Saat ini, di Bojonegoro sudah ada sejumlah jembatan yang melintas di Bengawan Solo, antara lain, jembatan Bengawan Solo di Kecamatan Padangan-Kasiman, Padangan- Cepu, Jawa Tengah, juga di Kalitidu-Malo, Bojonegoro-Tuban, dan dua jembatan di Kecamatan Kota ke Tuban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya