SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pasar penyedia pangan masyarakat. (JIBI/Solopo/Dok.)

Inflasi Jatim menempatkan Kota Madiun di posisi terendah kedua setelah Sumenep.

Madiunpos.com, MADIUN — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim) mencatat laju inflasi di Kota Madiun September 2015 mencapai 0,15% dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 118,97.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kasi Statistik Distribusi BPS Kota Madiun Sri Marheningrum, Selasa (6/10/2015), mengatakan inflasi di Kota Madiun terjadi karena adanya kenaikan harga pada semua kelompok pengeluaran, kecuali pada bahan makanan. “Yang paling dominan memicu inflasi adalah kenaikan harga pada beras, perguruan tinggi, mobil, emas perhiasan, dan sepeda motor,” ujar Marhen dalam rilisnya di Madiun.

Menurut dia, dari tujuh kelompok pengeluaran yang ada, tercatat hanya kelompok bahan makanan terjadi deflasi, yakni sebesar -1,66%. Sedangkan kelompok yang lainnya mengalami inflasi.

Seperti, kelompok makanan jadi, rokok, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,89%; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,27%. Kelompok sandang memiliki andil sebesar 0,99%; kelompok kesehatan sebesar 0,72%; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 1,32%; dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,75%.

“Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga atau deflasi antara lain, daging ayam ras, cabai rawit, bawang merah, anggur, dan nangka muda,” paparnya.

Ia menambahkan, secara bulanan, seluruh kabupaten/kota IHK di Jatim mengalami inflasi dengan inflasi tertinggi terjadi di Jember sebesar 0,29%. Kediri mengiuti dengan 0,26%, Surabaya (0,26%), Probolinggo (0,23%), Banyuwangi (0,21%), Malang (0,21%), Madiun (0,15%), dan terendah di Sumenep (0,13%).

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya