SOLOPOS.COM - Susunan bebatuan di pesisir Pantai Batu Banyuwangi memiliki bentuk dan ukuran yang cukup besar. (direktoripariwisata.id)

Solopos.com, BANYUWANGI — Banyuwangi memang terkenal dengan ragam wisata alam pantai yang eksotis. Pesona pantainya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satu pantai yang menawarkan keindahan serta keunikan di Banyuwangi adalah Pantai Batu.

Pantai Batu berlokasi sebelum Pantai Teluk Hijau, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Oleh karena itu, pantai ini masih masuk dalam kawasan Wisata Taman Nasional Meru Betiri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bagi sebagian orang, mungkin keindahan Pantai Batu masih kalah saing dengan Teluk Hijau. Meskipun begitu, Pantai Batu memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri dibanding pantai lainnya. Dikutip dari laman direktoripariwisata.id, Pantai Batu dinamakan seperti itu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih lembut pada umumnya, melainkan oleh bebatuan bersih.

Hamparan batu-batu tersebut dapat mudah ditemukan pengunjung karena keberadaannya mengisi hampir sebagian pesisir pantai. Konon, pada awalnya Pantai Batu juga merupakan pantai yang tertutupi dengan pasir putih seperti pantai-pantai lain.

Akan tetapi, hal tersebut berubah sekitar tahun 1994 karena ombak besar yang menerjang pada saat tsunami melanda sehingga bebatuan tersebut menutupi secara alami. Namun, hal tersebut semakin menambah pesona dari Pantai Batu di Banyuwangi ini.

Daya tarik lain Pantai Batu adalah suara yang dihasilkan dari deburan ombak dengan batu-batunya. Deburan ombak tersebut akan menghasilkan suara lembut dan unik akibat gesekan antara keduanya. Beberapa orang menyukai hal tersebut.

Dikutip dari beberapa sumber, suara ombak yang pecah di bebatuan dapat menenangkan dan baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan mental. Oleh karena itu, beberapa orang datang ke pantai untuk sekadar bersantai dan menikmati suasana yang ada di sana.

Akses perjalanan ke Pantai Batu cukup sulit karena pengunjung harus berjalan kaki selama sekitar 10-15 menit dari Teluk Hijau atau bisa dari Pantai Rajegwesi dengan kisaran waktu hingga 1 jam. Sementara itu, fasilitas-fasilitas di Pantai Batu adalah warung makan, area makan, toilet, penyewaan alat snorkeling, dan penginapan. Sedangkan untk tiket masuknya gratis. Namun, apabila pengunjung masuk dari Pantai Teluk Hijau atau menggunakan perahu agar dapat sampai ke Pantai Batu maka dikenakan biaya tiket masuk dan biaya sewa perahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya