SOLOPOS.COM - Banjir setinggi lutut orang dewasa di kawasan perkotaan Banyuwangi. Senin (17/10/2022) (ANTARA/HO-istimewa)

Solopos.com, BANYUWANGI — Ratusan rumah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terendam banjir pada Senin (17/10/2022). Sebelumnya, hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu (16/10/2022) malam.

Hujan deras dari Minggu malam hingga Senin pagi tersebut membuat debit air di tiga sungai meluap. Air luapan yang tidak tertampung akhirnya meluap ke permukiman warga di kawasan perkotaan Banyuwangi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tiga sungai yang meluap ke rumah warga yakni aliran Sungai Kaligung, Sungai Kali Bagong Sobo, dan Sungai Kalilo. Air juga meluap ke jalan raya,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Banyuwangi, Mujito.

Mujito menyampaikan Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi masih terus melakukan penanganan dan penyelamatan warga di sejumlah titik.

Baca Juga: Kecewa Ada Polisi Terjerat Kasus Narkoba, Granat: Jenderal Kok Nyambi Jual Sabu

“Luapan sungai ini sementara kami perkirakan merendam ratusan rumah warga yang ada di beberapa kelurahan,” kata dia.

Data yang diperoleh sementara, kelurahan yang terdampak banjir luapan sungai di sekitar bantaran sungai yaitu di Perumahan Sutri, Perumahan Sobo (Kelurahan Sobo). Selain itu juga ada di pemukiman di bantaran sungai Kalilo (Kelurahan Tukang Kayu).

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan, di antaranya Jl. Letjen S Parman Kelurahan Sobo, akibat meluapnya Sungai Bagong.

Baca Juga: Sepuluh Bulan, 189 Warga Kota Madiun Terjangkit DBD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya