SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel-hotel di Kota Surabaya (tataruangpertanahan.com)

Hotel di Jatim masih banyak yang belum melengkapi diri dengan sertifikasi usaha.

Madiunpos.com, SURABAYA – Separuh hotel berbintang di Jawa Timur belum mengantongi sertifikasi usaha hotel sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.53 Tahun 2013 tentang Standar Usaha Pariwisata yang diterapkan sejak 2014.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kenyataan banyaknya hotel di Jatim yang belum melengkapi usaha dengan sertifikasi itu diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, M. Soleh, seusai Sosialisasi Standar Usaha Hotel, di Surabaya, Selasa (11/8/2015).

Menurut dia, saat ini, ada 125 hotel bintang di Jatim dan baru 50% yang tersertifikasi. Sedangkan hotel non bintang tercatat ada 1.500 hotel dan yang tersertifikasi hanya 25%.

“Untuk hotel non bintang ini memang cukup susah untuk melakukan sertifikasi karena memang tidak ada budget dan sulit kesadarannya akan sertifikasi,” katanya.

Adapun untuk hotel non bintang yang belum mengantongi sertifikask tersebut kebanyakan berada di wilayah Lumajang, Probolinggo, dan Situbondo.

Sedangkan yang sudah tersertifikasi banyak berada di 10 kota dari total 38 kota kabupaten di Jatim.

Selain masalah biaya, lanjut Soleh, kurangnya sosialisasi tentang penerapan sertifikasi usaha hotel juga menjadi faktor belum banyaknya hotel yang tersertifikasi.

Soleh menambahkan, PHRI Jatim berencana mengusulkan subsidi 50% untuk sertifikasi bagi hotel-hotel non bintang agar kualitas pelayanan tetap ada.

“Paling tidak hal seperti ini menjadi perhatian pemerintah, karena kendala klasifikasi ini di hotel non bintang, termasuk untuk sertifikasi restoran yang cukup keberatan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya