SOLOPOS.COM - Beberapa bagian Gedung Eks RSUD Bangil yang angker. (detikcom)

Solopos.com, PASURUAN — Konon, bangunan bekas RSUD Bangil, di Jalan dr Soetomo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, ini menjadi sarang lelembut. Warga sekitar kompleks bangunan yang kini tidak terawat itu sering mengalami kejadian aneh.

Bahkan, aura menyeramkan terasa saat memasuki kompleks bangunan tua di tengah kota Pasuruan itu. Kondisi gedung yang usang kontras dengan bangunan di sekitarnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Gedung bekas RSUD Bangil, ini berada di jalur Pantura. Di seberangnya berdiri Mako Polres Pasuruan. Di sebelah barat terdapat Gedung Pengadilan Negeri (PN) sedangkan di sebelah timur perkampungan.

Baca Juga : Hiii… Merinding! Kamar Mayat di Bekas RSUD Bangil Pasuruan Masih Ada

Menurut cerita, gedung tersebut sudah berdiri sejak 1913. Bangunan itu dimanfaatkan sebagai gedung puskesmas. Kemudian sejak tahun 1981 bangunan itu dimanfaatkan sebagai RSUD Bangil. Namun pada tahun 2013, RSUD Bangil resmi pindah ke gedung baru di Desa Raci.

Sejak saat itu, kompleks bangunan dimanfaatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Keluarga Berencana (KB), UPT Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI), dan terakhir Dinas Lingkungan Hidup (DLH). DLH menyimpan sejumlah aset di kompleks bangunan tua itu.

Lazimnya rumah sakit, tempat ini memiliki ruang pelayanan, seperti poli kesehatan, gedung kedaruratan, hingga gedung untuk kamar mayat. Gedung bekas kamar mayat masih ada hingga sekarang dan disebut-sebut menjadi sarang makhluk gaib.

Baca Juga : Hiii Serem! Rumah Tua di Malang Kerap Terlihat Penampakan Kuntilanak

Sejumlah petugas yang berjaga hingga warga sekitar menuturkan sejumlah kejadian yang dialami di sekitar kompleks bangunan tua. Seperti disampaikan salah satu pegawai DLH, Akhmad Aldi. Aldi bertugas malam menjaga aset-aset tersebut.

“Beberapa kali saya menyaksikan kehadiran makhluk gaib. Awal-awal kerja pernah ada sosok tinggi besar. Saat pergi ke belakang. Tiba-tiba saya seperti melihat kaki besar. Menurut saya genderuwo. Saya kabur lari karena kaget,” kata dia seperti dilansir dari detikcom, Rabu (6/10/2021).

Tidak hanya sosok tinggi besar, Aldi mengaku sering digoda makhluk gaib. Dia mencontohkan televisi tiba-tiba menyala dan mati sendiri. Kejadian itu dia alami tidak hanya sekali.

Dia juga bercerita tentang sosok perempuan berwajah tidak utuh. Akhmad menyebut sosok perempuan itu kerap menampakkan diri. “Pernah juga saat pergi ke belakang, tiba-tiba saya seperti melihat itu. Saya tertegun dan tak bisa bergerak,” kisahnya.

Baca Juga : Hiii… Pemuda di Banyuwangi Maling Celana Dalam & Gauli Boneka

Keangkeran kompleks bangunan bekas rumah sakit ini juga disampaikan warga sekitar. Rohman, 42, menuturkan warga di sekitar lokasi sering melihat penampakan makhluk astral.

“Kalau penampakan sangat sering. Warga sudah sering ‘diketoki’,” tutur Rohman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya