SOLOPOS.COM - Gunung Raung (JIBI/Harian Jogja/google image)

Solopos.com, BONDOWOSO — Pos pendakian di Gunung Raung, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur ini menggunakan nama yang aneh dan seram. Bahkan, sejumlah nama pos pendakian di gunung berapi kerucut itu bakalan membuat kamu merinding.

Menjadi hal lazim terdapat sejumlah pos pada jalur pendakian. Tidak terkecuali di Gunung dengan ketinggian 3.344 mdpl ini. Gunung Raung secara administrasi merupakan kawasan gunung yang berada di tiga wilayah, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Gunung Raung memiliki enam pos pendakian. Pos pendakian tersebut biasanya menjadi tempat beristirahat pendaki saat malam hari maupun saat sejenak melepas penat.

Baca Juga : Gunung Ungaran & Misteri Makam Dasamuka di Kawah Belerang

Nama pos pendakian di jalur Bondowoso ini menggunakan istilah pondok. Padahal, tidak ada bangunan pondok pada setiap pos. Tidak hanya itu, pos pendakian di jalur Bondowoso diberi nama yang membuat bulu kuduk meremang saat mendengarnya.

Pos pendakian bernama pondok motor, pondok sumur, pondok tonyok, pondok demit, pondok mayit, dan pondok angin. Jarak tempuh masing-masing orang berbeda dari satu pondok ke pondok berikutnya ya.

“Yang saya tahu, sejak dulu namanya memang itu. Dengar namanya saja, sudah bikin merinding,” kata seorang pendaki senior asal Jember, Ruruh, 55, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga : Dana Rp5,8 Miliar Raib, Nasabah Gugat Bank Mandiri Kudus

Ruruh menyampaikan begitu mendengar nama pos itu maka orang akan membayangkan tempat itu gudangnya hal-hal horor dan menyeramkan. “Pondok mayit, seolah tempatnya mayit atau mayat. Ada lagi, pondok demit. Seakan tempat berkumpulnya para dedemit,” cetus lelaki yang mengaku sudah belasan kali mendaki ke gunung tersebut.

Namun begitu, Ruruh menyampaikan belum pernah mengalami hal-hal mistis atau gaib selama mendaki gunung yang berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen.

Kendati setiap pos diberi nama menyeramkan, perjalanan menyusuri Gunung Raung sangat mengesankan. Hutan di Gunung Raung masih lebat. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno.

Baca Juga : Viral Bapak-Bapak Joget di Tugu Puncak Merbabu, Banjir Kritik

Gunung Raung juga menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Selain itu, Kaldera Gunung Raung merupakan kaldera kering terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17/Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, dan yang tertinggi, Puncak Sejati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya