SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan bermain air di pantai Pancer Door Pacitan beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Hello Pacitan yang merupakan event internasional pertama di Pacitan diharapkan bisa mendongkrak dunia wisata di Pacitan.

Madiunpos.com, PACITAN — Pemerintah Kabupaten Pacitan berharap event Hello Pacitan 2016 Flaming of the Sea yang diselenggarakan pada 17-20 Agustus 2016 bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa itu. Diperkirakan ribuan wisatawan dari luar negeri dan domestik akan mendatangi event internasional tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Budi Hartoko, mengatakan berharap Hello Pacitan bisa mendongkrak potensi wisata yang ada di Pacitan. Menurut dia, agenda internasional tersebut bisa menjadi ajang promosi bagi pariwisata Pacitan.

Dia mengatakan apalagi direncanakan foto seluruh kegiatan tersebut dipasang di sejumlah maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Tentu, dengan adanya dukungan publikasi tersebut memberikan angin segar bagi dunia wisata di Pacitan. Hal ini karena selama ini Pacitan belum terlalu dikenal masyarakat secara luas.

“Kalau untuk publikasi hingga ke luar negeri apalagi memasang foto di maskapai penerbangan, tentu biayanya sangat mahal. Tetapi, katanya foto-foto agenda Hello Pacitan akan ditempel di sejumlah maskapai penerbangan, tentu ini sangat menguntungkan bagi Pacitan supaya lebih dikenal secara luas,” jelas dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di ruang kerjanya, Selasa (2/8/2016).

Hartoko menyampaikan dalam agenda Hello Pacitan, Pemkab tidak memberikan dukungan dana sama sekali. Untuk seluruh pembiayaan sudah ditanggung dari penyelenggara acara. Dukungan Pemkab yaitu mengenai fasilitas tempat untuk kegiatan tersebut.

Dia berkeyakinan ketika agenda tersebut sukses dan banyak dikunjungi wisatawan tentu akan berdampak pada peningkatan tingkat kunjungan wisatawan. “Selama ini orang tidak mengenal Pacitan, wisatawan tidak tahu kalau Pacitan itu memiliki alam yang indah dan pantai dengan ombak yang berkualitas. Dengan agenda ini tentu diharapkan bisa menjadi media promosi bagi kami,” terang dia.

Seorang Panitia Hello Pacitan 2016 Flaming of the Sea, Khoirul Amin, mengatakan agenda ini diharapkan bisa memajukan pariwisata di Pacitan. Selain itu, agenda kompetisi surfing internasional itu bisa menjadi penyemangat bagi warga Pacitan untuk menggeluti dunia selancar.

“Selama ini Pacitan itu minim kader peselacar, padahal ombak yang dimiliki laut Pacitan sangat mendukung olahraga ekstrem tersebut,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya