SOLOPOS.COM - Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera bersama jajaran dan pihak pengelola Jalan Tol Ngawi-Kertosono saat melakukan pemantauan kesiapan jalur tol untuk mudik Lebaran 2023 di titik rest area Ngawi, Selasa (11/4/2023). ANTARA/Louis Rika.

Solopos.com, NGAWI — Sejumlah titik di jalan tol Ngawi-Kertosono masih menjalani perbaikan menjelang arus mudik Lebaran 2023. Direncanakan pada H-7 Lebaran, seluruh perbaikan di jalur tersebut sudah rampung.

Hal itu disampaikan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera seusia melakukan pemantauan kesiapan jalur lalu lintas di wilayah Ngawi menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2023, Selasa (11/4/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dwiasi mengatakan pemantauan dilakukan di jalur arteri di wilayah Ngawi-Mantingan yang merupakan perbatasan dengan Jawa Tengah serta pengecekan di jalan tol Ngawi-Kertosono.

“Pemantauan dilakukan di jalur tol Ngawi-Kertosono juga jalur arteri masuk Mantingan. Hasilnya, di jalur tol Ngawi-Kertosono tadi masih ada beberapa titik perbaikan tapi dipastikan pada H-7 sudah selesai semua. Sedangkan di jalur masuk Ngawi melalui Mantingan sudah siap,” ujar AKBP Dwiasi.

Dia menuturkan pengecekan jalur penting dilakukan karena wilayah Jawa Timur merupakan daerah tujuan mudik. Selain itu, Ngawi merupakan daerah perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah sehingga diperkirakan akan banyak kendaraan yang melintas di Ngawi, baik saat mudik maupun balil pada momen Lebaran.

Dia menjelaskan pihaknya akan menyiagakan 300 petugas untuk mengamankan jalur mudik. Selain itu, pihkanya juga berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk pemantauan jalur tol. Terutama yang berada di area rawan kecelakaan.

Selain jalur mudik, dalam kegiatan pemantauan tersebut, Polres Ngawi juga memetakan jalur rawan macet dan rawan kecelakaan, utamanya di titik jalur wisata yang ada di wilayah hukumnya.

Pihaknya juga meminta para pemudik berhati-hati dalam mengendarai kendaraan saat melakukan perjalanan mudik Lebaran nanti. Hal itu karena diperkirakan terjadi peningkatan jumlah pemudik pada 2023 dibandingkan dengan 2022.

Sesuai data, pemerintah memperkirakan jumlah pemudik akan melonjak 45 persen menjadi 123 juta orang pada 2023, dibandingkan sebesar 86 juta orang pada 2022. Dengan peningkatan tersebut, berbanding lurus dengan risiko kerawanan kecelakaan dan kemacetan di jalur lalu lintas baik jalan arteri maupun jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya