SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA Blambangan Ekspres. (Solopos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, MADIUN — Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan phising atau upaya untuk mendapatkan informasi seseorang dengan teknik pengelabuhan melalui link berkedok promosi dengan menggunakan identitas PT KAI, seperti logo, nama, dan foto-foto perkeretaapian.

Link penipuan yang ramai beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan memiliki ciri-ciri alamat situs yang mencurigakan. Seperti http://mmmjemp.cnhttp://bankruptcymelodious.cnhttp://qxowtod.cnhttp://crueltyspongy.cnhttp://ambulancesodium.cnhttp://negotiatefoam.cnhttp://deceptivebuffalo.cn, dan lainnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, mengatakan agar masyarakat jangan mengklik link tersebut. Dia juga meminta jangan mengikuti langkah yang tertera hingga memberikan data ke website tersebut.

“Jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut,” kata dia, Selasa (3/1/2023).

Supriyanto menyampaikan ditakutkan kalau mengklik link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

“Diharapkan berhati-hati serta waspada terhadap info dan promosi mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkiat promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya