SOLOPOS.COM - Temuan benda cagar budaya diduga harta karun Majapahit di kedalaman tanah di Kabupaten Kediri. (Istimewa/Suara.com)

Solopos.com, KEDIRI — Seorang warga Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menemukan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Majapahit. Harta karun itu ditemukan di Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten, Kediri.

Penemuan benda-benda cagar budaya itu menghebohkan warga setempat. Adapun wujud harta karun yang diduga peninggalan Majapahit itu adalah mangkuk, tembikar, lumpang, gerabah, balok batu andesit, serta umpak. Semua benda tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Puput Cahyono.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca juga: Harta Karun Sriwijaya Diburu Sejak Dulu, Nilainya Fantastis!

Penemuan harta karun itu bermula saat Puput menggali tanah urug di lokasi sepekan lalu. Dia terkejut saat cangkulnya mengenai benda-benda tersebut. Puput kemudian membawanya pulang ke rumahnya, guna menghindari kerusakan.

“Kita amankan artefak ini dari pada rusak nanti hilang,” katanya, seperti dikutip dari Suara.com, Senin (1/11/2021).

Baca juga: Bali Pusat Perdagangan Budak: Janda — Tawanan Perang Dijual Murah

Anggota Komunitas Pelestari Budhaya Kediri, Arifuddin, mengatakan temuan harta karun diduga peninggalan Majapahit itu mengindikasikan kawasan itu dulunya merupakan permukiman kuno.

“Kalau liat ini memang ada kawasan pemukiman warga. Saya juga tidak paham kenapa di tempat ini banyak lumpang, dan masih ada penemuan arca yang belum kita telusuri,” katanya.

Pihaknya memperkirakan benda-benda tersebut merupakan peninggalan kehidupan di zaman Kerajaan Majapahit. Saat ini penemuan benda cagar budaya itu telah dilaporkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya