SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat meninjau posko pengaduan PPDB di kantor Dinas Pendidikan setempat beberapa waktu lalu. (Solopos.com-Antara/Willi Irawan)

Solopos.com, SURABAYA — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur (Jatim) 2023 resmi dibuka Selasa (27/6/2023). Pada hari pertama PPDB Jatim 2023 itu, tercatat ada 64.637 siswa yang mendaftar SMK negeri melalui jalur zonasi.

“Hari pertama PPDB jumlah pendaftarnya mencapai 64.637 siswa. Jalur zonasi SMK ini akan dibuka hingga 28 Juni 2023 dengan kuota 10 persen,” kata Alfian di Surabaya, Selasa.

Promosi Pegadaian Bareng Forsepsi Bersih-bersih Sampah di Pantai Pangandaran

Jalur zonasi merupakan seleksi berdasar jarak rumah dan sekolah. Alfian pun mengimbau siswa untuk mendaftar lebih awal karena seleksi yang ditampilkan terbuka dan masyarakat bisa melihat secara langsung.

“Meskipun cuti bersama, pelayanan di masing-masing lembaga SMA/SMK masih buka sesuai jadwal. Karena saat penjadwalan belum dapat info adanya cuti bersama tambahan. Jadi liburnya hanya saat 29 Juni [Iduladha] saja,” imbuhnya.

Demikian pula pada tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2023 saat cuti bersama, lembaga pendidikan tetap diminta membuka layanan agar siswa bisa mendaftar di sekolah tujuan.

Alfian melanjutkan dalam jalur zonasi SMK, ada kemungkinan calon peserta didik baru (CPDB) bisa diterima meski jarak rumah dan sekolah cukup jauh atau antarkota/kabupaten.

“Ini jika jurusan ada SMK tertentu memiliki jumlah peminat yang sedikit. Sebaliknya, jika peminat di jurusan tersebut tinggi, maka CPDB dari daerah lain tidak akan lolos karena persaingan yang cukup ketat,” katanya.

“Misalnya ada CPDB mau daftar ke SMKN 12 Surabaya, dia dari Banyuwangi diterima. Diterimanya ini bisa jadi peminat jurusan yang dituju rendah. Tapi jika jumlah pagu yang disediakan sudah terpenuhi, atau banyak peminat, maka CPDB ini tidak akan lolos,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya