SOLOPOS.COM - Ilustrasi gula (Guardianlv.com)

Harga kebutuhan pokok yakni gula di Kota Madiun naik hingga Rp16.000/kg.

Madiunpos.com, MADIUN – Menjelang Bulan Ramadan 2016, harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur, meroket hingga menyentuh kisaran Rp16.000 per kilogram.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Petugas pemantau laju inflasi dari Bagian Perekonomian Pemkot Madiun, Nuke, mengatakan berdasarkan pantauan terakhir di Pasar Besar, Pasar Srijaya, dan Pasar Sleko Kota Madiun, harga gula pasir berkisar Rp15.000 hingga Rp16.000 per kilogram.

“Harga tersebut naik signifikan sejak akhir bulan April lalu yang masih berkisar Rp11.000 hingga Rp12.000 per kilogram,” ujar dia kepada wartawan, Sabtu (14/5/2016).

Nuke mengaku pihaknya tidak tahu faktor apa yang menyebabkan harga gula pasir naik sedemikian signifikan. “Bisa jadi karena kebutuhan yang tinggi menjelang Bulan Puasa,” kata dia.

Nuke menambahkan pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap fluktuasi harga sejumlah komoditas menjelang Ramadan dan Lebaran, termasuk gula pasir.

Untuk menurunkan harga gula ke tingkat normal, Pemkot Madiun menggandeng semua pihak termasuk BUMN untuk melakukan pasar murah ataupun operasi pasar. Salah satunya pasar murah gula yang digelar oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero Cabang Madiun.

General Manager PT PPI (Persero) Cabang Madiun, Diah Mawarni, mengatakan pihaknya menjual gula kristal putih dengan harga Rp12.000 per kilogram dalam pasar murah. Masing-masing pembeli dibatasi hanya bisa membeli dua kilogram.

“Pasar murah untuk tahap awal ini dilakukan di tiga titik. Yakni di Pasar Srijaya, Pasar Winongo, dan Pasar Kojo Kota Madiun. Jumlah gula yang digelontorkan di tiga titik tersebut mencapai 1.000 kilogram atau 1 ton,” kata Diah.

Dia  menilai naiknya harga gula pasir di pasaran dipengaruhi oleh stok gula secara nasional yang menipis, padahal permintaan cenderung tinggi. “Diharapkan, dengan pasar murah tersebut, harga gula di pasaran dapat terkerek turun hingga mendekati Rp12.000 per kilogram,” kata dia.

Untuk diketahui, total gula yang digelontorkan ke masyarakat dalam pasar murah secara nasional mencapai 190.000 ton. Selain di Kota Madiun, rencananya pasar murah gula juga akan digelar di kota-kota lain sekitar Madiun yang masih wilayah kerja PT PPI (Persero) Cabang Madiun, di antaranya Magetan atau Ngawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya