SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harga kebutuhan pokok di Ponorogo naik mendekati Bulan Ramadan dan Lebaran 2016.

Madiunpos.com, PONOROGO — Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Ponorogo naik menjelang Bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2016. Salah satu barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu gula pasir dengan harga mencapai Rp15.000/kg.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penjual barang kebutuhan pokok di Pasar Songgolangit, Ponorogo, Tumini, 65, mengatakan sepekan terakhir kebutuhan pokok seperti gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan cabai naik harga. Kondisi ini biasa terjadi saat mendekati Bulan Puasa.

Menurut dia, harga sejumlah barang kebutuhan pokok akan semakin naik ketika semakin mendekati Bulan Puasa hingga Lebaran.

Tumini menyebutkan harga gula pasir yang sebelumnya Rp12.000/kg, saat ini harganya mencapai Rp15.000/kg.

Sedangkan harga bawang merah yang sebelumnya Rp25.000/kg, saat ini seharga Rp40.000/kg. Bawang putih yang sebelumya Rp25.000/kg, saat ini seharga Rp30.000/kg. Dan beberapa jenis cabai rata-rata naik antara Rp2.000/kg hingga Rp5.000/kg.

“Untuk kenaikan harga gula pasir tahun ini merupakan kenaikan harga paling tinggi selama lima tahun terakhir. Biasanya, menjelang Bulan Ramadan, tingkat kebutuhan gula pasir meningkat dibandingkan hari biasa,” jelas dia kepada Madiunpos.com, Kamis (12/5/2016).

Kenaikan harga ternyata tidak terjadi untuk komoditas beras. Penjual beras di Pasar Songgolangit, Harmini, menyampaikan saat ini harga beras masih stabil dan tidak ada kenaikan.

Dia menyebut harga beras kualitas biasa yaitu Rp8.000/kg hingga Rp8.500/kg. Sedangkan untuk harga beras yang kualitasnya bagus Rp9.000/kg.

Dia menuturkan sejauh ini stok beras juga tercukupi, apalagi saat ini masih musim panen.

“Sudah tiga bulan ini harga beras stabil dan tidak ada kenaikan atau penurunan. Namun, biasanya mendekati Puasa dan pada saat Puasa, harga beras biasanya naik karena permintaan juga meningkat,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya