SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga kebutuhan pokok masyarakat jenis daging sapi melonjak di Caruban, ibukota Kabupaten Madiun.

Madiunpos.com, CARUBAN — Harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Madiun, Jawa Timur sepekan terakhir ini naik signifikan. Kantor Berita Antara, Senin (10/8/2015), melaporkan kebutuhan pokok masyarakat itu dibanderol pedagang dengan label harga Rp110.000/kg dan ada kemungkinan terus meroket.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tumpi, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Mejayan Baru, Caruban, Kabupaten Madiun, Senin, mengatakan kenaikan harga tersebut terjadi sejak sepekan terakhir. “Sebelumnya harga daging sapi sekitar Rp100.000/kg. Tapi sekarang sudah naik menjadi Rp110.000/kg-nya. Mungkin besok bisa naik lagi,” ujar Tumpi kepada wartawan.

Ia menduga kenaikan harga tersebut dipicu oleh minimnya stok daging sapi di pasaran, sedangkan permintaan cenderung stabil. Akibat tingginya harga kebutuhan pokok masyarakat tersebut, penjualan daging sapi di pasar setempat mengalami penurunan. Apalagi, kondisi Pasar Mejayan Baru masih sepi pengunjung setelah dipindah dari lokasi Pasar Caruban akibat mengalami kebakaran beberapa tahun lalu.

Tumpi mengaku sejak harga daging sapi naik, penjualannya menurun signifikan. Kini ia hanya mampu menjual 10 kg daging sapi setiap harinya. “Sebelum harganya tinggi, kami biasanya bisa menjual 25 kilogram lebih. Kalau sekarang bisa menjual 10 kilogram sudah bagus,” katanya.

Sementara, harga daging ayam potong atau broiler malah mengalami penurunan. Pada musim libur Lebaran 2015 lalu, harga daging ayam broiler sempat menembus Rp60.000/kg. Kini, harga daging ayam brolier berada pada kisaran Rp34.000/kg hingga Rp35.000/kg.

“Sebelum Lebaran kisaran Rp28.000/kg hingga Rp35.000/kg. Saat Lebaran naik terus sampai Rp60.000/kg dan sekarang turun menjadi Rp34.000/kg,” kata pedagang daging ayam di Pasar Mejayan Baru, Harjoko.

Meski turun, pedagang dan pembeli menilai harga daging ayam potong tersebut masih tinggi untuk masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang tergolong kurang mampu.

Sementara itu, harga daging sapi di Pasar Besar Kota Madiun terpantau stabil pada kisaran Rp90.000/kg. Justru harga kebutuhan pokok jenis daging ayam potong yang terpantau tinggi, yakni kisaran Rp36.000/kg hingga Rp38.000/kg.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya