SOLOPOS.COM - Ilustrasi angkutan umum perkotaan (Dok/JIBI/Solopos)

Harga BBM belum naikkan tarif angkutan Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, belum menaikkan tarif angkutan umum perkotaan (angkota) meskipun pemerintah pimpinan Presien Joko Widodo, Sabtu (28/3/2015) lalu, menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Belum dinaikkannnya tarif angkutan umum Kota Madiun karena masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala Bidang Angkutan Darat, Dishubkominfo Kota Madiun, Zawawi kepada wartawan, Sabtu (4/4/2015).

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Madiun masih memberlakukan tarif Rp2.500 bagi pelajar dan Rp3.000 bagi penumpang umum.

Zawawi mengaku bingung dengan kondisi harga BBM yang fluktuatif di bawah Presien Jokowi ini. Apalagi, bulan Februari 2015 lalu, Dishubkominfo sudah memberlakukan tarif baru angkota umum yang sudah ditandatangani wali kota setempat, seiring dengan kenaikan harga BBM lalu.

Menindaklanjuti hal itu, pihaknnya bersama elemen terkait berencana memberlakukan tarif angkota dengan sistem tarif batas atas dan bawah. “Rancangan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi perubahan harga BBM oleh pemerintah. Jadi, nanti tinggal menghitung kenaikannya berapa persen,” kata dia.

Zawawi menjelaskan Dishubkominfo Kota Madiun saat ini belum dapat menyampaikan kepastian diberlakukannya wacana tersebut. Pasalnya, Dishubkominfo masih perlu membuat kesepakatan dengan Polres Madiun Kota, maupun Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda).

“Penentuan tarif batas atas dan bawah harus dibahas oleh pihak-pihak terkait, tidak bisa sendiri, di antaranya melibatkan pemerintah dan Organda” kata Zawawi sebagaimana dikutip Madiun Pos dari Kantor Berita Antara.

Pada 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB, pemerintah kembali menaikkan harga BBM. Harga BBM jenis solar untuk distribusi Jawa, Madura, dan Bali, naik menjadi Rp6.900/liter dari sebelumnya Rp6.400/liter. Sementara itu, harga BBM jenis premium naik menjadi Rp7.400/liter dari semula Rp6.900/liter.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya