SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi menyapa pemudik di ruang penumpang KMP Wicitra Dharma I di Pelabuhan Jangkar. Kamis (20/4/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto

Solopos.com, SITUBONDO — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan terakhir kapal motor penyeberangan (KMP) program mudik gratis Pemprov Jatim di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo ke Pulau Raas Madura, Kamis (20/4/2023).

“Hari ini adalah trip pelayaran kapal feri keempat (mudik gratis terakhir) untuk penyeberangan rute Jangkar-Pulau Raas. Insya-Allah kembalinya (balik gratis) sama juga ada empat trip pelayaran dari Raas ke Jangkar. Tentu harapan kami keamanan dan keselamatan semuanya bisa terjaga dengan baik. Selamat menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pemprov Jatim memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP), yakni KMP Wicitra Dharma I yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

Angkutan mudik gratis via kapal laut dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas hari ini merupakan penyeberangan yang terakhir setelah KMP Wicitra Dharma I mulai mengangkut pemudik sejak tanggal 13, 15, dan 17 April 2023.

“Titip salam buat keluarga di rumah, semoga bahagia selalu,” ujar Gubernur Khofifah saat menemui ratusan peserta mudik gratis tujuan Pulau Raas, di ruang penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono mengemukakan, total jumlah pemudik tujuan Raas yang menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar menggunakan kapal mudik gratis sebanyak 2.200 orang dengan jumlah sepeda motor 819 unit.

“Pemesanan tiket mudik dan balik gratis Lebaran 2023 ini dilakukan secara daring, maupun secara langsung di Pelabuhan Jangkar,” ujarnya.

Kapal mudik gratis rute Jangkar-Raas dimulai pada tanggal 13 April dilanjutkan pada tanggal 15, 17, dan 20 April 2023.

Kembalinya dari Raas ke Jangkar, juga sama empat trip pelayaran dimulai pada tanggal 30 April, tanggal 2, 4, dan 6 Mei 2023. 

Selain mudik gratis lebaran, ada juga angkutan reguler menuju beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, di antaranya Pulau Raas, Sapudi, Kangean, dan Kalianget dengan menggunakan KMP Dharma Kartika, KMP Wicitra Dharma I dan Munggiyango Hulalo.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya