SOLOPOS.COM - Gempa bumi pada Sabtu (11/5/2024) pukul 02.34 WIB berpusat di 112 Km Barat Daya Lumajang, Jawa Timur. (Istimewa/BMKG)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Lumajang, Jawa Timur pada hari ini, Sabtu (11/5/2024).

Berdasarkan laporan BMKG, pusat gempa berada di 112 Km Barat Daya Lumajang, Jawa Timur pukul 02.34 WIB. Adapun kedalaman pusat gempa tersebut adalah 10 Km.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Info Gempa Magnitudo:5.2, 11-Mei-24 02:34:37 WIB, Lokasi :9.13 LS,113.06 BT [112 km Barat Daya Lumajang-Jatim] Kedalaman 10 Km,”

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa bumi ini berlokasi di laut pada jarak 116 Km arah Barat Daya Kota Lumajang, Jawa Timur pada kedalaman 72 km tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya dalam keterangan, Sabtu (11/5/2024).

Dia menambahkan pihaknya telah telah melakukan pengecekan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Hasilnya, BMKG menyimpulkan bahwa gempa bumi ini terjadi akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun normal fault,” tambahnya. Adapun, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jember dengan skala intensitas II – III MMI, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian, daerah Kepajen, Pacitan, Blitar dan Surabaya dengan skala intensitas II MMI atau dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara itu, Daryono juga menuturkan hingga pukul 03.10 WIB, monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” pungkasnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Tidak Berpotensi Tsunami, BMKG Beberkan Penyebab Gempa 5,2 di Lumajang Jatim”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya