SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok kantong darah.(pekalongankota.go.id)

Solopos.com, BANGKALAN — Puluhan kantong darah bertuliskan HIV ditemukan berserakan di tempat pembuangan sampah (TPS) Junok, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Kantong darah tersebut tidak seharusnya dibuang di TPS, melainkan harus dibuang di tempat pembuangan khusus.

Puluhan kantong darah bertuliskan HIV itu ditemukan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan pada 20 Februari 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Bangkalan, Yudistira, mengatakan temuan kantor darah bertulis HIV itu saat petugas kebersihan membuang sampah ke TPS. Petugas menemukan kantong darah tersebut sebanyak puluhan dan terbungkus dalam dua kantong plastik.

Selain kantong darah, petugas juga menemukan peralatan donor darah. Saat ini temuan tersebut telah diserahkan ke RSUD Bangkalan.

Atas temuan itu, aparat Polres Bangkalan pun bakal mengusut kasus tersebut. Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Bangkit Dananjaya, mengatakan pihaknya telah mengumpulkan bahan keterangan kepada pihak terkait.

“Kami juga telah mengirim surat panggilan kepada pengurus Palang Merah Indonesia [PMI] Bangkalan terkait kasus temuan kantong darah bertulis HIV di TPS Junok itu,” katanya, Kamis (23/2/2023).

Bangkit menjelaskan sesuai ketentuan pembuangan limbah medis di tempat khusus bukan di tempat pembuangan sampah yang biasa untuk umum, karena masuk bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Ini yang mendasari Polres Bangkalan bergerak melalukan penyelidikan,” katanya.

Selain ke pengurus PMI, Polres Bangkalan juga berencana meminta penjelasan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait kantong darah bertulis HIV itu.
Ketua PMI Bangkalan, As’ad Asjari, mengaku kantong darh yang dibuang di TPS Junok itu memang berasal dari PMI Bangkalan.

Ia juga mengaku teledor, karena kantong darah yang seharusnya dibuang di tempat khusus terbuang di tempat pembuangan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya