SOLOPOS.COM - Iphone 6 di Maju Hardware Madiun, Senin (5/10/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Gadget terbaru di Madiun disemarakkan masuknya Iphone 6s. Sayangnya persediaan barangnya sangat terbatas.

Madiunpos.com, MADIUN – Apple, September 2015 lalu, merilis Iphone 6s yang diklaim sebagai smartphone terbaik Apple saat ini. “Setelah dirilis September lalu, Iphone 6s baru kini hadir di Madiun. Iphone 6s merupakan generasi iPhone 6 yang baru,” kata owner pusat komputer dan ponsel Maju Hardware di Plaza Madiun, Amin Cahtadi, kepada Madiunpos.com, Senin (5/10/2015).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketersediaan Iphone 6s di Kota Madiun itu terbilang mengejutkan, karena sebelumnya diberitakan Solopos.comyang tercermin juga di Madiunpos.com, hingga Kamis (1/10/2015) lalu, dua smartphone terbaru Apple, yakni Iphone 6S dan Iphone 6S Plus, baru dikabarkan masuk tahap pengujian oleh Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen Postel) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), lembaga yang mengatur izin perangkat radio di Indonesia.

Meski sedang diuji Kemenkominfo, gadget terbaru Apple itu juga dikabarkan telah dijual secara online. Sesuai prinsip online yang bersifat global, maka konsumen smartphone di Indonesia pun bisa mendapatkannya. Itu pasalnya, pakar Telekomunikasi Indonesia, Heru Sutadi, menuding Iphone 6s yang dijual di Indonesia tergolong barang ilegal karena belum mendapatkan izin dan disertifikasi oleh Kemenkominfo. Disebutnya sebagai barang ilegal karena menggunakan garansi internasional.

Amin mengakui kehadiran Iphone 6s di Kota Madiun itu tergolong cepat. Menurut dia, Kota Madiun terbilang beruntung jarena tergolong daerah yang cepat mendapat jatah Iphone 6s setelah kota-kota besar, seperti Surabaya. Di Kota Madiun, kata Amin, Iphone 6s itu dibanderol dengan label harga sekitar Rp11 juta. “Stok Iphone 6s masih belum lancar alias limit. [Saya] Mendengar laporan, pasokan smartphone ini memang terbatas,” terang Amin.

Terkait garasi internasional Iphone 6s yang dijual di Madiun, Amin sebelumnya sempat mengakui konsumen Maju Hardware selama ini tak bergantung pada penyalur resmi. Menyadari Madiun jauh dari penyalur resmi yang berkedudukan di kota-kota besar, pusat komputer dan ponsel itu melengkapi layanan pelanggan dengan service center yang terletak di lantai dasar Plaza Madiun.

Iphone Terberat
Sebagaimana diulas Solopos.com yang tercermin pula di Madiunpos.com, Iphone 6s masih terlihat sama dengan Iphone 6, yakni dimensi layarnya masih 4,7 inci. Hanya saja Apple menyusun Iphone 6s dengan material yang lebih baik dari Iphone 6, yakni aluminium 7.000.

Iphone 6s lebih kuat dari potensi bengkok yang sempat menerpa Iphone 6 Plus. Dengan bodi aluminium 7.000, ketebalan Iphone 6s sedikit bertambah, dari 6,9 mm menjadi 7,1 mm.

Terkait prosesor, Iphone 6s dibekali prosesor generasi baru, yitu Apple A9 yang diklaim Apple 70% lebih cepat dibandingkan prosesor Apple A8 yang digunakan seri Iphone 6 sebelumnya. Apple bakan mengklaim prosesor tersebut punya performa layaknya prosesor desktop PC.

Sementara itu, fitur paling dinanti dari Iphone 6s adalah 3D Touch. Dengan 3D Touch, para pengguna bisa menyentuh layar Iphone 6s dengan tingkat tekanan yang berbeda-beda untuk menjalankan fungsi yang berbeda pula, tidak hanya sekadar menyentuh dan menekan seperti biasa. Fitur 3D Touch sendiri kali pertama digunakan pada Apple Watch.

Kualitas kamera, Iphone 6s menjadi smartphone Apple pertama yang menggunakan resolusi kamera setinggi 12 MP di belakang dan kamera 5 MP di depan. Kamera utamanya bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan kualitas yang sangat baik, bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan profesional.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya