SOLOPOS.COM - Kue Manco asal Kabupaten Madiun. (Abdul Jlail/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Festival Kue Manco Madiun 2023 di Lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Festival itu digelar pada Minggu (3/9/2023).

Manco merupakan kue atau jajanan khas Kabupaten Madiun. Festival Manco 2023 dihadiri ribuan penonton baik dari Madiun maupun luar Madiun.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Desa (Kades) Tambakmas, Sugeng Wibowo, menyampaikan Manco Madiun Festival ini sudah digelar keempat kalinya. Dirinya sangat senang karena manco kini sudah masuk Muri sehingga kini lebih mendunia.

“Manco ini adalah warisan nenek moyang dan sudah menjadi produk khas dari Desa Tambakmas dan konon dipercaya hanya bisa dibuat di Desa Tambakmas,” kata Sugeng, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/9/2023).

Sugeng menceritakan proses pembuatan manco yang memiliki rasa renyah dan lengket karena ada lapisan gula merah. Kue jajanan yang berbahan utama tepung ketan dan gula merah tersebut sangat legit saat digigit.

Piagam Penghargaan Muri diserahkan perwakilan Muri, Sri Widayati kepada Bupati Madiun, Ahmad Dawami sebagai sajian kue manco terbanyak.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Bakorwil I Madiun; Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto; Ketua TP PKK Kabupaten Madiun; Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Madiun; beserta Forkopimcam Kebonsari.

“Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa Festival Manco Madiun 2023 resmi tercatat di Muri sebagai rekor ke-11.202 dengan sajian kue manco terbanyak, yaitu 50.000 kue di 455 gunungan, sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun,” kata Sri Widayati.

Selain itu, rekor tersebut juga diberikan kepada Camat Kebonsari dan Kepala Desa Tambakmas selaku pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan tersebut. Pihaknya mengapresiasi program yang diinisiasi oleh oleh camat dan kades tersebut sehingga mampu mendongkrak manco menjadi ikon jajanan Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, berharap kue manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas Kabupaten Madiun melalui rekor Muri kali ini. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan antarmasyarakat dan mempertahankan kue manco.

“Kerukunan di Desa Tambakmas harus tetap dijaga karena kue manco ini tidak hanya tercatat di nasional tapi mendunia. Ini yang harus kita jaga bersama,” kata Bupati Ahmad Dawami.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya