SOLOPOS.COM - Emil Elestianto Dardak (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SURABAYAEmil Dardak yang kini menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Timur disebut-sebut sangat berpeluang maju menjadi calon wakil presiden (cawapres). Hal itu menyusul keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang usia capres dan cawapres.

Sebagaimana diketahui, MK memutuskan Pasal 169 huruf q UU No. 7/2017 yang meminta minimal usia capres-cawapres diturunkan, dari yang awalnya 40 tahun menjadi 35 tahun inkonstitusional bersyarat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Namun demikian, MK memberikan klausul pengecualian sepanjang capres atau cawapres telah menjabat sebagai penyelenggara negara. Artinya, warga negara yang berada di bawah 40 tahun bisa maju sebagai capres dan cawapres selama memiliki pengalaman sebagai kepala daerah atau penyelenggara negara.

Atas keputusan itu, Emil Dardak yang menjadi salah satu politikus muda di Tanah Air berpeluang maju menjadi cawapres. Emil sendiri bersama kepala daerah lain seperti Wabub Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Wakil Bupati Sidoarjo Muhammad Albarraa, menggugat MK dalam Perkara 55/PUU-XXI/2023.

Meski putusan sempat ditolak MK, namun gugatan yang diajukan oleh para kepala daerah ini akhirnya dikabulkan melalui Judicial Review (JR) melalui dua mahasiswa Solo, yakni Arkaan Wahyu Re A dan Almas Tsaqibbirru Re A.

Dikutip dari wikipedia, Emil Dardak memiliki nama lengkap Emil Elestianto Dardak. Pria kelahiran 20 Mei 1984 ini sekarang menjabat sebagai wakil gubernur Jatim. Ia mendampingi Khofifah Indar Parawansa selaku gubernur di Jatim. Saat ini, Emil Dardak juga menjadi Ketua DPD Demokrat Jatim.

Sebelumnya, Emil pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek periode 17 Februari 2016-12 Februari 2019. Waktu itu, Emil berpasangan dengan Wakil Bupati, Mochamad Nur Arifin menjadi pemenang dalam Pemilihan umum Bupati Trenggalek tahun 2015 (memperoleh 292.248 suara atau sekitar 76,28 persen). Ia dan Mochamad Nur Arifin menjadi pasangan termuda pada pilkada serentak 2015.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat berbincang dengan Solopos.com baru-baru ini juga mengakui kiprah dari sosok Emil Dardak. Menurut Gibran, Emil Dardak cocok menjadi cawapres. Apalagi suami dari Arumi Bachsin tersebut selalu berpenampilan menarik dengan paras yang ganteng.

“Kurang apa coba Mas Emil. Beliau muda, ganteng, pintar, istrinya cantik. Beliau [Emil Dardak] cocok sekali menjadi calon wakil presiden atau cawapres,” tutur Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya