SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Solopos/Dok)

E-KTP Madiun terhambat buruknya pasok blangko dari pemerintah pusat.

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur mengalami krisis blangko e-KTP berkepanjangan. Hingga kini, puluhan ribu kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP warga Kota Madiun terbengkelai gara-gara ketiadaan blangko.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jumlah blangko E-KTP dari pemerintah pusat tidak sebanding dengan jumlah e-KTP yang dibutuhkan di daerah,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Madiun, Midi Hartono, kepada wartawan, Selasa (7/4/2015).

Menurut dia, jumlah kebutuhan blangko e-KTP saat ini mencapai 37.000 blangko. Namun, baru tercukupi sekitar 6.100 blangko. Padahal, saat ini banyak warga sangat membutuhkan e-KTP sebagai kartu identitas diri mereka.

Midi mengungkapkan, pihaknya sudah berulang kali mengajukan permintaan blangko e-KTP kepada pemerintah pusat, nyatanya hingga kini tidak kunjung ada pengiriman. Alhasil, banyak warga Kota Madiun tidak bisa memproses e-KTP sehingga sekitar puluhan ribu warga tersebut belum memiliki kartu identitas.

“Kalau warga belum memiliki e-KTP, maka mereka akan kesulitan dalam pengurusan perbankan dan hal lain sebagainya,” katanya.

Selain masih kekurangan blangko, pihaknya juga masih minim dalam hal alat perekaman data e-KTP. Idealnya ada enam unit alat perekaman. “Sedangkan Kota Madiun, baru memiliki dua unit alat perekaman. Kami sudah upaya mengajukan ke Kemendagri tapi tidak tahu kapan akan dikirim, kata dia.

Ia menambahkan, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di wilayah Madiun saja. Namun, juga terjadi hampir di seluruh Indonesia. Pihaknya berharap kiriman blangko dari pusat segera datang. Hal itu agar permasalahan e-KTP yang ada di Kota Madiun dapat segera teratasi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya