SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.)

E-KTP Madiun masih belum merata dimiliki warga.

Madiunpos.com MADIUN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun, Jawa Timur mencatat  sekitar 6.000 warga setempat hingga kini belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP ) karena berbagai alasan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dispendukcapil Kota Madiun mencatat dari 168.398 warga wajib ber-KTP di wilayah itu, baru 162.372 orang atau 96,4% yang telah memiliki e-KTP sehingga terdapat sekitar 6.000 warga Kota Madiun yang belum memiliki e-KTP.

Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Midi Hartono, mengatakan terdapat berbagai alasan hingga masih banyak warga kota setempat yang belum memiliki KTP elektronik tersebut. “Di antaranya disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat yang rendah akan pentingnya e-KTP. Disisi lain, hal tersebut juga dikarenakan kurangnya respon masyarakat,” ujar Midi kepada wartawan di Madiun, Senin (8/2/2016).

Alasan lainnya karena yang belum memiliki e-KTP tersebut berada di luar daerah atau bahkan luar negeri. Sehingga belum dapat mengurus administrasi kependudukan sehingga memiliki KTP elektronik tersebut.

“Kendala utama yang dihadapi yakni minimnya kepedulian masyarakat untuk memiliki e-KTP. Warga merasa belum mebutuhkan, sehingga malas meskipun hanya sekadar mengurus e-KTP ke kantor bersangkutan,” kata dia.

Untuk itu, Dispendukcapil Kota Madiun tetap memberikan kesempatan bagi warga yang belum mengurus administrasi kependudukan berupa perekaman dan pengurusan segala persyaratan lainnya dengan cara mendatangi kantor dispendukcapil setempat.

Ia berharap, tahun 2016 ini, masyarakat lebih menyadari pentingnya penggunaan e-KTP sebagai identitas warga negara Indonesia.  “Apalagi, pengurusan KTP elektronik saat ini tidak dipungut biaya dan mulai tahun 2016, e-KTP berlaku seumur hidup. Jadi warga diminta kesadarannya untuk memiliki e-KTP sesuai aturan yang ada,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya