SOLOPOS.COM - Seorang pedagang buah di lokasi wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, menunggu pembeli, Senin (17/7/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Solopos.com, PONOROGO — Kawasan Ngebel merupakan destinasi wisata andalan di Kabupaten Ponorogo yang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Selain menyajikan keindahan alam Telaga Ngebel, di wilayah Ngebel juga tempat yang menarik untuk berwisata kuliner. Di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel terdapat tempat wisata kuliner yaitu Kampung Durian.

Dilansir dari ponorogo.go.id, Kampung Durian yang terletak di Desa Ngrogung ini adalah tempat wisata kuliner bagi penggemar sang raja buah, yaitu durian. Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Durian Ngrogung dapat menikmati beragam jenis durian. Salah satu jenis durian yang cukup populer adalah jenis Durian Kanjeng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bambang Subagyo selaku Ketua Kelompok Tani Karang Asri yang merangkap ketua Pokdawis Desa Ngrogung mengatakan bahwa Durian Kanjeng disukai banyak orang karena rasanya yang sangat lezat. “Durian Kanjeng saat ini banyak yang menyukai karena sangat lezat dan sungguh nyuuus terasa banget, selain itu juga tersedia durian monthong dan durian lokal yang lain,” kata dia.

Bambang mengatakan Durian Kanjeng juga disukai oleh para pejabat tinggi dari berbagai daerah.

“Banyak yang ke sini untuk menikmati lezatnya Durian Kanjeng bahkan hampir semua pejabat di kabupaten Ponorogo dari mulai Bupati, ketua DPRD sampai kepala SKPD hingga pejabat pejabat yang lain, bahkan dari wilayah Provinsi Jawa Timur seperti Surabaya, Malang dan Pasuruan,” ujarnya.

Kampung Durian setiap hari Minggu atau hari libur selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati lezatnya Durian Kanjeng maupun durian jenis lainya.

Ada sekitar 500 hingga 600 stok buah durian yang disiapkan pada hari libur. Ternyata, tidak hanya buah duria saja yang bisa dinikmati di Kampung Durian ini, ada juga buah manggis, rambutan, dan masih banyak alagi.

Dilansir dari Instagram @kampungdurianponorogo, nama kanjeng pada Durian Kanjeng disematkan sejak masa penjajahan Belanda oleh kepala desa Ngrogung pada saat itu. Pada masa itu, para Kanjeng Bupati Ponorogo secara rutin meminta buah durian dari Ngrogung. Durian Kanjeng lah yang selalu diberikan Kanjeng Bupati karena memiliki rasa yang paling enak.

Jadi Durian Kanjeng memang begitu legendaris dan menjadi primadona sejak zaman penjajahan Belanda. Apalagi kelas dari jenis durian ini sudah sangat tinggi, menjadi suguhan bagi kaum elit pada zaman itu. Sekarang Durian Kanjeng menjadi durian dengan varietas unggulan nasional. Tentunya, sayang sekali jika melewatkan kuliner satu ini saat ke kawasan Ngebel.

Dilansir dari unida.gontor.ac.id, Universitas Darussalam Gontor mengadakan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat di kawasan Kampung Durian tersebut untuk meningkatkan daya manfaat buah durian dan perekonomian masyarakat pada tahun 2022 lalu. Salah satu Profesor dari Unida memaparkan saat dirinya tinggal di Malaysia, durian diolah menjadi berbagai produk dengan tetap menjaga cita rasanya.

Unida juga memiliki pogram studi yang mampu mendorong pemberdayaan durian tersebut. Hasil dari pemberdayaan tersebut menghasilkan tiga produk khas Durian Kanjeng yaitu Pie Kanjeng, Bolu Kanjeng dan Rollcake Kanjeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya