SOLOPOS.COM - Data terkait rentetan gempa bumi di Lumajang. (Twitter @DaryonoBMKG)

Solopos.com, LUMAJANG — Rentetan gempa bumi terjadi wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan sekitarnya sepanjang Sabtu (9/7/2022). Rentetan gempa bumi itu bahkan menyebabkan rumah warga di sejumlah lokasi mengalami kerusakan.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, melalui akun Twitter pribadinya di @DaryonoBMKG. Dalam tweet-nya, Daryono menyebut jika gempa yang terjadi di selatan Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga genting beberapa rumah warga rontok dan berjatuhan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gempa selatan Jawa Timur hari ini menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang bahkan genting pada beberapa rumah warga di Kecamatan Kencong, Jember, dilaporkan rontok dan berjatuhan,” tulis Daryono melalui akun Twitter @DaryonoBMKG, Sabtu siang.

Dalam akun Twitter itu, Daryono juga mengungkapkan jika rentetan gempa di wilayah Lumajang dan sekitarnya itu terjadi sebanyak 54 kali dalam satu hari. Rentetan gempa itu terjadi baik skala kecil hingga sedang.

Update jumlah gempa susulan di selatan Jawa Timur sejak pagi tadi hingga siang hari ini pukul 14.00 WIB telah terjadi gempa susulan sebanyak 54 kali gempa,” tulisnya.

Baca juga: Rentetan Gempa Bumi Guncang Lumajang, Sehari Sudah 54 Kali

Kendati demikian, dari puluhan gempa yang terjadi di Lumajang itu tercatat hanya tiga kali yang getarannya cukup dirasakan warga, yakni pada pukul 03.27 WIB, pukul 05.50 WIB, dan pukul 09.53 WIB.

Gempa bumi utama terjadi pada pukul 03.27 WIB dengan kekuatan Magnitudo 5,2, kemudian pada pukul 05.50 WIB berkekuatan Magnitudo 5,0 dan pukul 09.40 WIB juga berkekuatan Magnitudo 5,0.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, mengatakan hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut di wilayahnya.

Baca juga: 54 Kali Gempa Goyang Lumajang, Lokasi di Gempa Tsunami Tahun 1994

“Sejauh ini, hasil pantauan tidak terdapat laporan kejadian (kerusakan),” kata Sadono, dilansir dari laman berita Antara, Sabtu.

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,2 terjadi di wilayah selatan Jawa Timur pada pukul 03.27 WIB atau Sabtu dini hari. Pusat gempa dilaporkan terjadi pada 171 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang dengan kedalaman 47 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya