SOLOPOS.COM - Eternit di SDN Badean 01, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember jatuh akibat hujan deras yang mengguyur kawasan setempat, Sabtu (8/10/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)

Solopos.com, JEMBER — Tiga sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami rusak akibat diterjang hujan deras beberapa jam. Sekolah paling parah mengalami kerusakan ada di SDN 7 Gelang di Kecamatan Sumberbaru.

Selain SDN 7 Gelang, dua sekolah lainnya yang mengalami kerusakan adalah SDN 2 Mojomulyo di Kecamatan Puger dan SDN 1 Badean di Kecamatan Bangsalsari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Jember, Hadi Mulyono, mengatakan SDN 2 Mojomulyo Puger mengalami kerusakan di halaman sekolah karena tergerus air sehingga mengalami erosi dan tanah longsor. Kemudian di SDN 2 Badean menyebabkan eternit jatuh.

Sedangkan di SDN 7 Gelang terjadi atap bangunan sekolah ambruk hingga menyebabkan empat ruang kelas rusak.

“Beruntung, sejumlah kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa karena para siswa libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” tuturnya, Minggu (9/10/2022).

Baca Juga: Investigasi Tragedi Kanjuruhan, TPF Masyarakat Sipil: Ada 12 Temuan Fakta

Hadi menyampaikan Dinas Pendidikan Jember segera melakukan penanaganan secepatnya sesuai arahan Bupati Jember untuk mengecek ke loaksi dan mencari solusi yang cepat agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

“Kami mengecek lokasi di SDN 2 Mojomulyo Puger bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air [DPUBMSDA], Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Jember dan Muspika Puger,” katanya.

Dia menyampaikan penanganan agar tidak terjadi erosi dan longsor di halaman SDN 2 Mojomulyo untuk sementara dipasang kantong pasir ukuran besar, sedangkan untuk SDN 1 Badean diperbaiki eternitnya dengan menggunakan anggaran dana BOS daerah yang melekat di sekolah setempat.

“Untuk penanganan di SDN 7 Gelang Sumberbaru, pihak BPBD bersama TNI, Polri dan muspika setempat memasang tenda darurat agar kegiatan belajar dan mengajar bisa tetap berjalan pada Senin [10/10/2022],” ujarnya.

Baca Juga: Keanggotaan Fitnes Diputus, Pria Surabaya Dapat Ganti Rugi Puluhan Juta Rupiah

Hadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak sehingga penanganan sekolah rusak yang terdampak hujan deras dapat berjalan dengan baik dan pihaknya memberikan arahan kepada kepala sekolah agar KBM bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara Kepala SDN 2 Mojomulyo, Zuhriyah Praharani, mengucapkan banyak terima kasih atas sikap cepat tanggap yang dilakukan Pemkab Jember melalui dinas pendidikan yang bersinergi dengan banyak pihak.

“Terima kasih telah memberikan bantuan penahan longsor, sehingga halaman sekolah kami dapat digunakan kembali dengan aman dan nyaman. Mudah-mudahan tahun depan bisa dibangun pelengsengan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya