SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati kawasan Pahlawan Street Center Kota Madiun, Sabtu (11/2/2023). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Ramadan telah tiba. Salah satu aktivitas yang tidak boleh terlewat saat bulan Ramadan adalah ngabuburit atau menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa. Sebagian orang mungkin memilih untuk ngabuburit bersama keluarga di rumah.

Namun, tidak ada salahnya untuk ngabuburit di luar sambil menikmati keramaian dan keindahan sore hari. Berikut ini beberapa tempat yang menjadi lokasi favorit ngabuburit bagi warga di Kota Madiun maupun Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

  1. Alun-Alun Kota Madiun

Di kawasan Alun-alun Kota Madiun ini selalu ramai pedagang di hari-hari biasa, apalagi saat Ramadan tiba, pedagang kuliner semakin banyak dan beragam. Ada banyak pedagang takjil yang berjualan di pinggiran alun-alun, seperti es buah, kolak pisang, es campur, aneka gorengan, tempe mendoan, tempe petis, jus buah, dimsum, es oyen, es degan, siomay dan masih banyak lagi.

tempat ngabuburit madiun
Suasana Alun-alun Kota Madiun pada sore hari. (Abdul Jalil/Solopos.com)

Tak hanya itu, berbagai makanan berat juga tersedia seperti nasi pecel, nasi rawon, mi ayam, aneka sayur, nasi soto hingga lauk pauk seperti pepes pindang dan aneka ikan goreng.

Biasanya para pedagang mulai membuka lapaknya pukul 15.00 WIB. Para pembeli juga terlihat sudah membanjir saat sore hari untuk bebruru takjil dan makanan untuk buka puasa.

Bagi Anda yang ingin sekalian salat Magrib tidak perlu risua, karena di kawasan alun-alun ada Masjid Agung Kota Madiun.

  1. Lapangan Gulun

Lapangan Gulun juga menjadi tujuan yang bagus untuk mencari takjil sekaligus ngabuburit di bulan Ramadan. Di area pinggiran Lapangan Gulun, Anda dapat menemukan banyak pedagang kuliner dan takjil yang lezat dan enak. Mulai dari aneka es, gorengan, sosis bakar, es oyen, molen goreng, roti bakar, siomay, pentol daging, ice cream, croffle dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan juga makanan berat seperti nasi ayam krispi, nasi soto, nasi sayur, lele goreng dan masih banyak lagi. Pada sore hari menjelang berbuka, kawasan ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

lapangan gulun madiun
Pengendara sepeda motor sedang melintasi kawasan Lapangan Gulun, Kota Madiun, kemarin. (Abdul Jalil/Solopos.com)

Lapangan Gulun ini juga menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk berolahraga. Sehingga saangat cocok menjadi tempat untuk ngabuburit sambil berolahraga. Lokasinya berada di di Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman.

  1. Alun-Alun Caruban

Bagi Anda yang berada di Kabupaten Madiun, Alun-alun Caruban menjadi rekomendasi tempat berburu takjil dan ngabuburit di bulan Ramadan. Lokasinya berada di Bangunsari, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Cukup banyak kuliner yang bisa Anda beli seperti satai tahu, pentol bakso, nasi pecel, telur dadar, dan masih banyak lagi.

alun alun caruban madiun
Kondisi Alun-alun Caruban, Kabupaten Madiun, Selasa (14/12/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
  1. Kawasan Bundaran Jalan Taman Praja

Di hari-hari biasa kawasan bundaran Jalan Taman Praja, Kecamatan Taman, Kota Madiun ini banyak ditemukan pedagang yang berjajar di pinggir jalan. Apalagi saat bulan Ramadan, tentu setiap sore selalu dipadati oleh para pedagang dan pembeli takjil. Lokasi berburu takjil ini berlokasi di Bunderan Taman hingga sepanjang Jalan Taman Praja atau depan kantor DPRD Kota Madiun.

Bunderan Taman Praja
Padatnya Jl. Taman Praja atau depan gedung DPRD Kota Madiun, Jumat (23/4/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Adapun takjil yang dijual di kawasan ini seperti es oyen, es teler, pentol goreng, es degan, es buah, aneka gorengan, burger mini, batagor, sosis bakar, es tebu, es kopyor dan lain sebagainya. Penjual nasi goreng hingga lauk pauk juga tersedia di kawasan ini. Anda bisa membelinya dan membawa pulang takjil yang udah dibeli.

  1. Kawasan Kakbah Pahlawan Street Center

Selain menjadi lokasi wisata Pahlawan Street Center atau PSC juga menjadi tempat yang banyak menjual takjil di bulan Ramadan. Terutama di bagian Kakbah, banyak tenda UMKM yang menjual beragam takjil seperti aneka es, gorengan, kue, es buah, es dalgona, burger mini, nasi bakar, nasi pecel dan masih banyak lagi.

wisata madiun
Pengunjung memadati kawasan Pahlawan Street Center Kota Madiun, Sabtu (11/2/2023). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Anda juga dapat sekaligus berjalan-jalan sambil menunggu azan Magrib berkumandang. Jangan khawatir, bangunan Kakbah selain cantik untuk berfoto juga bisa digunakan untuk beribadah termasuk salat tarawih.

  1. Taman Kota Asti Caruban

Taman yang berlokasi di Jalan Anggur, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun ini juga bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit. Terdapat pedagang kaki lima yang menjual berbagai jajanan seperti satai tahu, jasuke, aneka es dan masih banyak lagi. Warung-warung pinggir jalan juga bisa menjadi tujuan membeli kuliner berat. Lokasinya lumayan luas dan ada area bermain untuk anak-anak. Bangku bangku di pinggir taman juga bisa menjadi tempat bersantai disore hari sambil menunggu adzan magrib berkumandang.

  1. Jalan Baru Pagu Indah

Sama seperti di kawasan bundaran, tempat berburu takjil berikut ini berada di sepanjang jalan raya. Tepatnya di Jalan Baru di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual beragam makanan dan minuman. Banyak pedagang jajanan seperti cimol, makaroni basah, pentol dan masih banyak lagi.

Jalan pagu indah
Suasana adem di Jalan Baru Pagu Indah, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jumat (23/4/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Tempat ini sangat cocok untuk ngabuburit karena menyajikan pemandangan indah. Di sekelilingnya terdapat hamparan sawah yang hijau dan jika cuaca cerah panorama Gunung Wilis pun bisa terlihat dengan jelas. Selain itu angin sepoi-sepoi yang sejuk turut mengiringi aktivitas ngabuburit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya