SOLOPOS.COM - Kampus Politeknik Negeri  Madiun (PNM) yang beralamat di Jl. Serayu No. 84 Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (14/1/2020). (Abdul  Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Madiun bukan hanya dikenal sebagai daerah yang dikenal sebagai tempat pusatnya perguruan silat maupun kuliner pecelnya saja, tetapi di Madiun juga ada sejumlah perguruan tinggi yang banyak menjadi incaran bagi calon mahasiswa.

Perguruan tinggi di Madiun tidak hanya kampus swasta saja, tetapi ada kampus negeri maupun kampus ikatan dinas. Berikut ini deretan perguruan tinggi yang ada di Madiun, Jawa Timur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

  1. Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Kampus Politeknik Perkeretaapian Indonesia atau PPI berada di Jalan Tirta Raya, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Dilansir dari ppi.ac.id, kampus ini merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Kampus ini memiliki visi menjadi pusat unggulan dan inovasi pendidikan dan pelatihan vokasi di bidang teknis perkeretaapian berbasis teknologi global pada tahun 2030.

kampus di madiun
Kampus Politeknik Perkeretaapian Indonesia. (ppi.ac.id)

Kampus ini memiliki empat program studi yakni D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

  1. Politeknik Negeri Madiun

Politeknik Negeri Madiun atau PNM, dahulunya adalah perguruan tinggi swasta yang sekarang telah beralih menjadi perguruan tinggi negeri. PNM ini memiliki dua lokasi kampus, Kampus 1 PNM berada di Jalan Serayu No. 84, Kelurahan Pandean, Kota Madiun, dan Kampus 2 PNM berada di Jalan Ring Road, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Saat ini PNM telah terakreditasi B.

Jurusan di PNM ada tiga, yakni Administrasi Bisnis, Komputer Akutansi, dan Jurusan Teknik.

Untuk jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari program studi D3 Administrasi Bisnis dan D3 Bahasa Inggris. Jurusan Komputer Akuntansi dengan program studi D3 Komputerisasi Akuntansi yang kini migrasi menjadi D4 Akuntansi Perpajakan, dan D3 Akuntansi.

laboratorium perkretaapian pnm
Kereta trainer melintas di jalur kereta api yang ada di kampus Politeknik Negeri Madiun, Jumat (10/2/2023). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Jurusan Teknik dengan Program Studi D3 Mesin Otomotif (Migrasi ke D4 Teknik Rekayasa Otomotif), D3 Teknik Komputer Kontrol, D3 Teknik Listrik, D3 Teknologi Informasi, D2 Jalur Cepat Pembentukan Logam, dan D4 Perkeretaapian.

Politeknik Negeri Madiun memiliki Laboraturium Perkeretaapian pertama di Indonesia khususnya bagi mahasiswa Jurusan Perkeretaapian. Laboratorium ini baru diresmikan beberapa waktu lalu.

  1. Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun atau Unipma merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Madiun. Unipma ini telah terakreditasi B. Bagi Anda yang bercita-cita menjadi guru, tentu kampus ini bisa menjadi pilihan.

Kampus 1 Unipma berlokasi di Jalan Setiabudi No. 85, Kelurahan Knigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Kampus 2 Unipma berada di Jalan Auri Nomor 14-16 Kota Madiun. Sedangkan Kampus 3 Unipma berada di Jalan Raya Klitik Km. 5, Kabupaten Ngawi.

unipma kampus di madiun
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meletakkan batu pertama pembangunan gedung kuliah terpadu Unipma di Madiun, Kamis (16/6/2022). (Istimewa)

Unipma memiliki Program Sarjana dan Pascasarjana. Program sarjana Unipma terdiri dari enam fakultas dan 24 program studi. Enam fakultas itu adalah Fakultas Ilmu Kesehatan dan Ilmu Sains, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Pendidikan Profesi. Sedangkan pada Program Sarjana yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

  1. Universitas Merdeka Madiun

Universitas Merdeka (Unmer) Madiun ini merupakan cabang dari Universitas Mereka Malang. Unmer merupakan salah satu kampus tertua di Madiun yang didirikan pada tahun 1979. Kampus swasta ini berlokasi di Jalan Serayu No. 79, Kota Madiun.

Kampus Universitas Merdeka Madiun di Jl Serayu No. 79, Kota Madiun. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) kampus di madiun
Kampus Universitas Merdeka Madiun di Jl Serayu No. 79, Kota Madiun. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Unmer Madiun memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum yang terdiri dari Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian terdiri dari Prodi Agrotegnologi, Fakultas Ekonomi yang terdiri dari Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi, Fakultas Teknik yang terdiri dari Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Sipil dan Prodi Manajemen Informatika, serta Fakultas ISIP terdiri dari Prodi Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Komunikasi.

  1. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maretdi Caruban

Sejak 2020, Universitas Sebelas Maret (Uns) Surakarta mendirikan Sekolah Vokasi UNS di Caruban, Kabupaten Madiun. Lokasi kampus negeri ini berada di Jalan Imam Bonjol, Sumbersoko, Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Kampus II UNS di Caruban. (ratihaknema.blogspot.com) kampus di madiun
Kampus II UNS di Caruban. (ratihaknema.blogspot.com)

Di kampus negeri pertama di Kabupaten Madiun, ada tiga program studi yang dibuka, yakni Prodi D3 Akuntansi, D3 Teknik Informatika, dan D3 Teknologi Hasil Pertanian.

  1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Madiun

Kampus Katolik Wima ini berada di Jl, Manggis No. 15-17, Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Universitas Wima Madiun ini memiliki enam fakultas dengan sembilan program studi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan yang terdiri dari tiga program studi, yaitu Prodi Bimbingan dan Konseling, Produ Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia, Prodi Studi Pendidikan Matematika.

Fakultas Sastra dengan Program Studi Sastra Inggris. Fakultas MIPA dengan Prodi Biologi. Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Industri. Fakultas Ekonomi dengan dua program studi, yakni Prodi Manajemen dan Prodi Studi Akuntansi. Fakultas Psikologi dengan Prodi Psikologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya