SOLOPOS.COM - Patung naga di Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur. (Youtube)

Solopos.com, MAGETAN — Kabupaten Magetan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata, salah satunya yang paling populer adalah Telaga Sarangan.

Sebagaian wilayah Magetan terletak di kawasan Gunung Lawu. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah di sisi barat. Sedangkan di sisi utara berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, sisi selatan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Madiun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kabupaten Magetan terdiri dari 18 kecamatan.

Dikutip dari buku Kabupaten Magetan Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magetan, luas wilayah daerah ini mencapai 688.84 km persegi. Kecamatan yang memiliki wilayah paling luas adalah Kecamatan Parang yang mencapai 71,64 km persegi. Sedangkan kecamatan dengan luas wilayah paling sempit adalah Kecamatan Nguntoronadi, yaitu hanya 16,72 km persegi.

Selain menyandang predikat kecamatan paling luas se-Kabupaten Magetan, Kecamatan Parang juga masuk dalam lima kecamatan paling sepi di Kabupaten Magetan. Berikut lima kecamatan paling sepi di Magetan.

  1. Kecamatan Poncol

Kecamatan Poncol menyandang predikat kecamatan paling sepi di Kabupaten Magetan. Letak kecamatan ini berada di ketinggian Gunung Lawu tepatnya bagian barat Kabupaten Magetan. Dari ibu kota kabupaten bisa ditempuh sekitar 14 km ke arah barat daya melalu Kecamatan Plaosan. Salah satu tempat wisata di Kecamatan Poncol adalah Genilangit yang cukup populer.

desa wisata magetan
Desa Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan. (kemenparekraf.go.id)

Luas wilayah Kecamatan Poncol yaitu 51,31 km persegi dan berada di ketinggian 948 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan jumlah penduduk sebanyak 31.771 jiwa dibandingkan dengan luas wilayah tersebut, Keacamatan Poncol memiliki kepadatan penduduk sebesar 611,91 jiwa per km persegi.

  1. Kecamatan Parang

Kecamatan Parang terletak sejauh 15 km dari ibu kota Kabupaten Magetan. Di sebelah selatan Kecamatan Parang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo. Wilayahnya berupa daratan seluas 71,64 km persegi dan menjadi kecamatan dengan wilayah paling luas di Kabupaten Magetan.

Kecamatan Parang menjadi kecamatan paling lengang kedua setelah Kecamatan Poncol dengan perbandingan jumlah penduduk mencapai 45.743 jiwa dan luas wilayahnya yang mencapai 71,64 km persegi, kepadatan penduduk di kecamatan ini ternyata hanya 614,85 jiwa per km persegi.

  1. Kecamatan Sidorejo

Kecamatan Sidorejo terletak sekitar 7 km dari ibu kota Kabupaten Magetan ke arah barat. Kecamatan ini berada di ketinggian rata-rata 626 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kecamatan ini menjadi salah satu kecamatan yang memiliki potensi hasil alam yang melimpah.

Kecamatan Sidorejo memiliki luas wilayah mencapai 39,15 km persegi dan jumlah penduduknya yang hanya 28.772 jiwa. Jika dibandingkan antara luas wilayah dan jumlah penduduknya, kepadatan penduduk di Kecamatan Sidorejo hanya 703,78 jiwa per km persegi dan menjadi kecamatan ketiga paling lengang di Kabupaten Magetan.

  1. Kecamatan Lembeyan

Kecamatann Lembeyan lokasinya terletak di sekitar 21 Kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Magetan ke arah tenggara melalui Kecamatan Kawedanan. Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan dan Kabupaten Madiun di sebelah timur. Selain itu, Kecamatan Lembeyan berada di ketinggian rata-rata 125 meter di atas permukaan laut. 

Luas wilayah Kecamatan Lembeyan berupa daratan seluas 54,85 km persegi dan jumlah penduduk di Kecamatan Lembeyan sebanyak 42.955 jiwa. Dengan begitu, kepadatan peduduk di Kecamatan Lembeyan hanya sebesar 768,84 per km persegi dan menjadi kecamatan tersepi keempat di Kabupaten Magetan.

  1. Kecamatan Plaosan

Kecamatan Plaosan terletak sekitar 11 km dari ibu kota Kabupaten Magetan dan berada di ketinggian  rata-rata 874 meter di atas permukaan laut.  Plaosan memiliki banyak potensi wisata alam seperti Telaga Sarangan, Air Terjun Bidadari hingga wisata Mojosemi. Selain itu, Kecamatan Plaosan juga memiliki tanah pegunungan yang subur.

tempat wisata magetan
Wisatawan menikmati wahana di Mojosemi Forest Park. (Istimewa/IG @mojosemidinosauruspark)

Sebenarnya Kecamatan Plaosan memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak yaitu sebesar 58.367 jiwa. Kecamatan ini juga memiliki wilayah yang cukup luas yaitu seluas 66,09 km persegi atau sekitar 9,59 persen wilayah di Kabupaten Magetan. Jika dibadingkan, kecamatan ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 773,28 per km persegi sehingga masuk dalam urutan kelima kecamatan tersepi di Kabupaten Magetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya