SOLOPOS.COM - Tangga terpasang di tepian Sungai Mbludru, Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jatim yang kerap dimanfaatkan warga setempat untuk menuju aliran air, Selasa (15/9/2015).

Daerah terpencil Madiun, tepatnya di Dukuh Mbludru, Desa Mojorayung, Kecanatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jatim terdapat sungai yang dimanfaatkan warga untuk mencuci baju.

Madiunpos.com, MADIUN — Sejumlah warga Dukuh Mbludru, Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim) masih mencuci baju di aliran sungai Mbludru. Mereka kerap turun ke Sungai Mbludru untuk mencuci baju pada pagi atau siang hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Salah seorang warga Dukuh Mbludru, Yadi, 47, mengatakan warga harus memastikan kelayakan kondisi air di Sungai Mludru sebelum digunakan untuk mencuci baju. Untuk menjaga kebersihan, lanjut dia, warga selalu menjauhkan sampah atau kotoran dari lokasi yang dipilih untuk mencuci baju di Sungai Mbludru.

“Ritual atau kebiasaan warga sebelum mencuci ya memasang bambu di aliran sungai. Bambu itu dibiarkan mengambang membentuk persegi empat untuk mencegak sampah mengalir ke area yang digunakan untuk mencuci baju atau mandi,” kata Yadi saat berbincang dengan Madiunpos.com di tepi sungai Mbludru, Selasa (15/9/2015).

Sementara itu, warga Dukuh Mbludru lainnya, Tolu, 48, mengatakan bambu pemisah kotoran biasanya tetap diletakkan di aliran Sungai Mbludru. Apabila musim kemarau, menurut dia, tidak banyak kotoran atau sampah yang bisa melewati bambu hingga masuk area di aliran Sungai Mbludru untuk mencuci baju. Namun, saat musim penghujan sampah sulit dikendalikan karena arus Sungai Mbludru deras.

“Saat kemarau seperti saat ini kami mudah memisahkan sampah dari lokasi yang digunakan untuk mencuci. Kondisi air sedang tenang. Guna mengurangi sampah, warga sepakat sebisa mungkin tidak membawa bungkus detergen ke Sungai Mbludru,” jelas Tolu.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya