SOLOPOS.COM - Car Free Day (CFD) di Kota Madiun. (Humasresta Madiun)

CFD atau Car Free Day di Kota Madiun dalam dua bulan terakhir disambut antusias masyarakat. Area bebas kendaraan bermotor itu direncanakan akan diperluas lagi.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Dua bulan terakhir warga Kota Madiun sangat menikmati segarnya udara pagi di jalan utama yakni Jl Pahlawan yang telah disulap menjadi area Car Free Day (CFD). Di jalan utama tersebut, warga bebas menjadikan jalan beraspal itu untuk melakukan aktivitas olahraga, berkesenian, berkumpul bersama, hingga silaturahmi setiap hari Minggu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sambutan masyarakat ternyata sangat luar biasa. Padahal, ini masih uji coba,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunukasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Madiun, Sutarto saat berbincang dengan Madiun Pos di ruang kerjanya, Senin (13/4/2015).

Menurut Sutarto, keberhasilan CFD di Kota Madiun mencerminkan betapa masyarakat sangat merindukan suasana kebersamaan di ruang publik yang luas. Tak hanya itu, CFD juga bisa menjadi potret bahwa masyarakat mulai sadar akan pentingnya udara yang bersih di tengah membanjirnya kendaraan.

“Setidaknya, empat jam sekali dalam sepekan, warga rela menjadikan jalan raya sebagai ruang bebas kendaraan. Sambutan ternyata masyarakat sangat antusias,” terangnya.

Selama ini, usulan perluasan area CFD di Kota Madiun terus mengalir. Salah satunya agar area CFD diperpanjang mulai Jl Pahlawan hingga menuju Alun-Alun. Namun, Pemkot masih akan mengkaji ulang usulan tersebut.

“Usulan ini menandakan bahwa masyarakat sangat mendamba lingkungan yang lebih sehat,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, area CFD selama ini baru di Jl Pahlawan Kota Madiun. Namun, setiap hari Minggu di bundaran depan Kantor Kecamatan Taman, Kota Madiun, juga ada kegiatan nyaris serupa CFD. Bedanya, area tersebut masih belum bebas kendaraan secara penuh dan hanya menjadi tempat pertemuan masyarakat dan pedagang di area publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya