SOLOPOS.COM - Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri wisuda di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri tahun akademik 2022/2023, Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Rabu (15/3/2023). (Istimewa/IG Khofifah Indar Parawansa)

Solopos.com, JOMBANG — Cucu Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, bernama Selma Ratu Dewi Tanara, dalam waktu empat bulan lebih sembilan hari telah berhasil menyelesaikan menghafal Al-Qur’an 30 juz. Remaja berusia 18 tahun itu juga mendapatkan penghargaan sebagai wisudawati berprestasi.

Wapres Ma’ruf Amin mendatangi secara langsung acara wisuda hafizah cucunya itu di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri tahun akademik 2022/2023, Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (15/3/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dalam wisuda hafizah ke-5 di Ponpes tersebut ada 187 santriwati yang diwisuda. Salah satunya Selma Ratu dewi Tanara, cucu Wapres Ma’ruf Amin atau putri dari Syauqi Ma’ruf Amin. Lantaran menjadi wisudawati berprestasi dengan berhasil menghafal Al-Qur’an 30 juz dalam waktu empat bulan lebih sembilan hari, Selma akan mendapatkan hadiah berupa paket umrah.

Dalam kegiatan itu, Wapres Ma’ruf Amin hadir didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Rombongan juga langsung ke lokasi panggung untuk persiapan wisuda.

Di Ponpes Hamalatul Qur’an Putri Jombang tersebut ada 187 hafizah yang diwisuda. Mereka telah berhasil menyelesaikan program tahfiz (hafalan Al-Qur’an) 30 juz. Program tersebut telah diselesaikan dalam waktu rata-rata 4-6 bulan.

Pengasuh Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang, Ainul Yaqin, mengatakan para santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren ini dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, namun tetap menjunjung budaya lokal dan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadis.

“Kami menginginkan untuk terus menciptakan kader yang andal, inspiratif, inovatif, dan limitasi dengan batasan adat Jawa-Indonesia, yang Islami berdasarkan kitab suci dan Hadis Nabi,” kata Kiai Ainul.

Dalam acara tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga diminta menandatangani peluncuran buku yang disusun K.H. AInul Yaqin, pengasuh Ponpes Hamalatul Qur’an Putri Jombang. Buku tersebut merupakan panduan metode menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan benar.

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang ini merupakan pondok tahfiz yang memiliki metode percepatan menghafal Al-Qur’an secara cepat, yaitu dalam waktu kurang dari satu tahun.

Pesantren yang dalam pembelajarannya menggunakan metode habituasi atau pembiasaan dengan azas jogo roto, jogo rogo, dan jogo roso ini mendorong semakin bertambahnya para calon hafiz yang dapat mengenyam pendidikan dan mempelajari metode hafalan Al-Quran secara gratis.

Setelah mengucapkan selamat kepada para wisudawati, Wapres Ma’ruf Amin menuju SMA Trensains Tebuireng, Jombang di Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, meresmikan program gerakan wakaf Indonesia.

Selain itu, Wapres juga menghadiri acara di Institut Agama Islam Bani Fattah Tambakberas, Kabupaten Jombang, menghadiri wisuda sekaligus orasi ilmiah.

Dalam acara itu, Wapres didampingi Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya