SOLOPOS.COM - Presiden RI Joko Widodo (tengah) mengecek bawang merah dan bawang putih di Pasar Wonokromo Surabaya, Sabtu (18/2/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Solopos.com, SURABAYA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek harga sejumlah bahan pokok seperti beras, minyak goreng, bawang merah hingga telur di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (18/2/2023). Dalam pengecekan itu, Jokowi menilai harga beras sudah stabil seusai dilakukan operasi pasar oleh Bulog, yakni mencapai Rp9.000 per kilogram (kg).

Dalam kunjungan itu, Jokowi turut didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya ingin mengecek barang yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai warung pasar-pasar? Saya lihat sudah dan harganya baik tadi, Rp44.000 untuk 5 kg, artinya harga di bawah Rp9.000,” ujar Jokowi.

“Tadi semua warung saya lihat ada semuanya dan melimpah di sini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengecek harga bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, yang sering mengalami naik turun harga, kemudian bawang merah dan telur. Presiden Jokowi berharap harga semua bahan pokok stabil.

“Saya lihat stok minyak goreng ada meskipun tidak melimpah, tetapi stok ada dan harga masih di angka Rp14.000 per liter. Saya lihat juga harga telur turun, meskipun hanya Rp1.000, tapi turun, bawang merah juga turun. Stabilitas harga seperti ini yang kita inginkan,” kata dia.

Presiden mengungkapkan sejak lima hari lalu telah dilakukan operasi beras oleh Bulog yang diharapkan mampu menstabilkan harga beras. Jokowi juga mengatakan bahwa saat ini secara nasional akan segera memasuki masa panen pada akhir bulan yang produksinya kira-kira mencapai 1 juta ton dan 1,9 juta ton pada Maret 2023.

“Kalau stoknya melimpah permintaan tetap artinya harga secara otomatis akan turun,” kata dia.

Sementara itu, pada kesempatan sama, Jokowi juga membagikan sejumlah paket sembako hingga kaus kepada warga setempat. Antusias masyarakat, baik pengunjung maupun pedagang pasar sangat tinggi. Warga bahkan rela naik pagar pembatas jalan demi melihat Presiden Jokowi dari jarak dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya