SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Maidun menyuntikkan vaksin rabies kepada seekor anjing peliharaan, Kamis (22/6/2023). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Maidun, Jawa Timur, menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Disediakan ratusan kuota untuk program vaksinasi rabies gratis ini.

Kepala DKPP Kota Madiun, Totok Sugiarto, mengatakan program vaksinasi rabies ini untuk mengantisipasi munculnya penyakit rabies di Kota Madiun. Sampai saat ini, belum ditemukan kasus rabies di Kota Pendekar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ini untuk menjaga pencinta hewan dan hewan peliharaannya. Selain itu juga menjaga hubungan pencinta hewan dengan lingkungan sekitar agar tetap sehat dan aman,” kata dia di sela-sela program vaksinasi gratis, Kamis (22/6/2023).

Totok menuturkan program vaksinasi rabies gratis ini digelar secara rutin. Pihaknya menyediakan kuota sebanyak 250 vaksin. Yang terdiri dari 200 vaksin untuk kucing dan 50 vaksin untuk anjing.

“Kalau nanti masih kurang, akan kami data dan tindaklanjuti lagi,” kata dia.

Melalui program vaksinasi rabies ini, lanjut Totok, harapannya masyarakat dan hewan peliharaan tetap sehat. Selain itu, Kota Madiun tetap zeri kasus rabies.

Sejumlah warga pun memanfaatkan momen itu untuk memvaksin hewan peliharaannya. Salah satu warga, Wiwik Indra, mengatakan segera membawa seekor kucingnya untuk mendapatkan suntik vaksin rabies ini. Untuk mendapatkan fasilitas ini, syaratnya cukup mudah, yakni hanaya membawa fotokopi KTP.

Warga lain, Lia Halim mengatakan program vaksinasi rabies gratis ini membantu masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan agar lebih sehat dan aman.

“Kalau bayar untuk vaksinasi rabies ini cukup mahal. Untuk satu ekor kucing sekitar Rp150.000 sampai Rp200.000,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya