SOLOPOS.COM - Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji (dua kanan) berbincang dengan caleg perwakilan perempuan saat mendaftar ke Kantor KPU Jatim di Surabaya, Minggu (14/5/2023). (ANTARA/Fiqih Arfani).

Solopos.com, SURABAYA–Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Timur (Jatim) diisi sebanyak 45,8% kader perempuan. Mereka akan berkontestasi menjadi anggota DPRD Jatim pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

“Dari 120 bakal caleg yang kami daftarkan, hampir 50% perempuan,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M. Sarmuji seusai mendaftarkan bakal caleg di Kantor KPU Jatim di Surabaya, Minggu (14/5/2023), dikutip dari Antara.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pihaknya juga menempatkan kader-kader muda untuk ikut bersama-sama membangun bangsa melalui jalur politik, bahkan tercatat empat orang caleg berusia 22 tahun.

Selain kader milenial, komposisi caleg Golkar untuk DPRD Jatim diisi berbagai macam profesi, seperti kiai, ulama, akademisi, pengusaha, selebgram, youtuber, lainnya.

Petahana mayoritas kembali mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Dari 13 nama anggota Fraksi Golkar DPRD Jatim, sebanyak 11 orang kembali terdaftar, sedangkan dua nama lainnya memilih maju berebut kursi DPR.

Ditanya ada tidaknya kepala daerah dari Golkar yang maju sebagai caleg, Sarmuji menyatakan tidak ada karena masih harus fokus memikirkan kabupaten/kota masing-masing.

“Mas Lindra Bupati Tuban dan Mas Adi Wibowo Wakil Wali Kota Pasuruan tidak mencalonkan agar bisa konsentrasi daerah. Kepala daerah harus mengutamakan pembangunan daerah, dibandingkan urusan pencalonan legislatif,” ucapnya.

Sementara itu, terkait target kursi di DPRD Jatim periode 2024-2029, Wakil Ketua Komisi VI DPR tersebut berharap partainya meraih 20 kursi atau naik dibandingkan hasil Pemilu 2019 yang hanya mendapat 13 kursi.

“Kalau komposisinya seperti sekarang ini, kami yakin target tersebut terwujud,” kata dia didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Jatim Hery Soegihono.

Pada kesempatan tersebut rombongan pengurus mendaftarkan caleg dengan iring-iringan Reog Ponorogo dan musik hadrah.

Turut hadir puluhan caleg, pengurus, hingga simpatisan mengantarkan proses pendaftaran.

Hari ini merupakan kesempatan terakhir bagi 18 partai politik mendaftarkan caleg, terutama di tingkat DPRD Provinsi Jatim.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan pendaftaran dibuka sejak 1 Mei 2023 dan berakhir pada 14 Mei 2023 yang ditutup pada pukul 23.59 WIB.

“Hingga sehari menjelang hari H penutupan atau Jumat, 13 Mei, total sembilan parpol sudah menyerahkan daftar bacalegnya. Khusus hari ini seharusnya ada sembilan parpol lagi dan kami tunggu sampai tepat tengah malam nanti,” tutur Cak Anam, sapaan akrabnya.

Pemilu Legislatif digelar 14 Februari 2024 yang memilih anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, provinsi, pusat, dan DPD. Itu bersamaan dengan pemilihan presiden (pilpres) untuk periode 2024-2029.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya