SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan bus. (Freepik.com)

Solopos.com, MALANG — Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus pariwisata yang mengangkut rombongan study tour kembali terjadi. Kali ini, kecelakaan menimpa bus yang mengangkut rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari, Kabupaten Malang.

Bus dengan pelat nomor W 7422 itu mengalami kecelakaan, menabrak truk di Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur (Jatim), Selasa (21/5/2024) malam. Akibat kecelakaan itu, dua orang meninggal dunia sementara 15 orang lainnya mengalami luka-luka.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala SMP PGRI 1 Wonosari Malang, Hartono, rombongan study tour itu berangkat ari Kabupaten Malang menuju Yogyakarta pada Senin (20/5/2024) malam, sekitar pukul 20.00 WIB. “Jumlah siswa itu sebanyak 31 anak. Jika dengan pendampingnya total 50 orang,” kata Hartono.

Hartono menambahkan rombongan study tour itu tiba di Yogyakarta pada Selasa, kemudian mengunjungi empat lokasi yakni Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Tebing Breksi, dan Malioboro.

Menurutnya, peristiwa kecelakaan bus tersebut terjadi pada saat rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari itu akan kembali ke Kabupaten Malang. Saat peristiwa kecelakaan terjadi, seluruh penumpang dalam keadaan tertidur, sehingga tidak mengetahui secara pasti peristiwa kecelakaan.

“Semua sedang tidur, saat itu tengah malam jadi senyap. Tidak ada yang tahu. Saya sendiri juga tidur, kemudian terkejut saat ada hentakan tabrakan itu,” kata Hartono yang turut serta dalam rombongan tersebut.

Dalam peristiwa tersebut, lanjutnya, ada satu orang siswa yang mengalami luka-luka, sementara 30 siswa lainnya selamat. Sebanyak 14 orang lainnya yang mengalami luka adalah para guru dan pendamping.

“Siswa yang selamat itu 30 orang, yang luka ringan satu orang. Kemudian, yang luka-luka lainnya guru sama pendamping, sama juga ada tukang bersih-bersih di sekolah,” katanya.

Kronologi

Dilansir dari Antara, bus pariwisata yang membawa rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari Kabupaten Malang itu menabrak sebuah truk pada KM 695+400A ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur, Selasa malam.

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang penumpang dilaporkan tewas dan 15 orang mengalami luka-luka. Korban meninggal dunia ialah kernet bus Edy Sulistiyono, 46, warga Kabupaten Blitar dan guru SMP PGRI 1 Wonosari Malang, Edy Crisna Handaka, 62, warga Kabupaten Malang.

Kecelakaan bermula saat bus melaju dari barat ke timur atau dari arah Nganjuk ke Mojokerto kurang lebih pada pukul 23.45 WIB. Bus tersebut, kemudian mendadak oleng ke arah kiri saat melintas di KM 695+400A.

Saat oleng ke kiri, bus tersebut menabrak truk berpelat nomor N 9674 UH yang melaju di lajur kiri dan membuat bagian depan bus hancur.

Sekadar informasi, kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut rombongan study tour juga terjadi di Subang, Jawa Barat (Jabar), 11 Mei 2024. Kecelakaan itu menyebabkan 11 orang meninggal dunia, di mana 9 korban di antaranya merupakan siswa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya