SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pedagang Buah JIBI/Harian Jogja/Antara

Solopos.com, MADIUN — Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang banyak menghasilkan buah apel. Salah satu yang terkenal produk apel di Jatim yakni apel Malang.

Buah apel memang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang unik dan khasiatnya yang banyak. Mengutip dari ners.unair.ac.id, buah apel memiliki banyak manfaat seperti mencegah alzheimer, menstabilkan gula darah, hingga mencegah kanker.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mengutip dari eprints.umm.ac.id, komoditas buah apel masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an dan dibawa oleh orang Belanda bernama Kreben. Tanaman apel tersebut ditanam di daerah Nongkojajar Kabupaten Pasuruan pada tahun 1953.

Kemudian sejak tahun 1960 tanaman apel sudah banyak ditanam di daerah Batu, Malang untuk mengganti tanaman jeruk yang mati diserang penyakit. Sejak saat itu tanaman buah apel terus mengalami perkembangan dan tersebar luas di seluruh Indonesia, disukai banyak orang, dan harganya relatif terjangkau.

Salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan buah apel adalah Provinsi Jawa Timur. Mengutip dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur pada tahun 2022 dapat menghasilkan buah apel sebanyak 5.233.262 kuintal. Namun dari jumlah tersebut ternyata hanya terdapat empat daerah yang menghasilkan buah apel. Berikut adalah empat daerah di Jawa Timur yang memproduksi buah apel terbanyak:

  1. Kabupaten Pasuruan

Daerah penghasil apel paling besar di Jawa Timur adalah Kabupaten Pasuruan. Pada tahun 2022, dari catatan BPS Kabupaten Pasuruan mampu menghasilkan buah apel sebanyak 2.942.812 kuintal. Jumlah tersebut dapat dikatakan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 2.919.125 kuintal.

Mengutip dari pasuruankab.go.id, jenis buah apel yang berasal dari Kabupaten Pasuruan seperti Apel Manalagi, Wanley, Anna dan Rome Beauty yang menjadi Ikon Apel Khas Kabupaten Pasuruan. Sedangkan jenis apel Rome Beauty dan Manalagi cukup disukai oleh warga Jakarta. Di Kabupaten Pasuruan tepatnya di Kecamatan Tutur terdapat Agrowisata Petik Apel yang merupakan kebun Apel terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 1.100 hektar.

  1. Kabupaten Malang

Kabupaten Malang memang sangat populer dengan hasil buah apelnya. Kabupaten Malang ternyata berada pada posisi kedua daerah yang memproduksi buah apel terbesar di Jawa Timur. Pada tahun 2022, Kabupaten Malang mampu menghasilkan buah apel sebanyak 1.989.943 kuintal. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang sebesar 1.824.149 kuintal.

Buah apel di Kabupaten Malang telah banyak diolah menjadi produk berekonomi tinggi seperti keripik buah, sari apel, jenang apel dan masih banyak lagi.

Produk tersebut banyak dijadikan oleh-oleh khas Malang dalam bentuk produk olahan maupun buah apel segar. Mengutip dari pertanian.jatimprov.go.id, jenis buah apel yang ada di Kabupaten Malang seperti apel Anna, Kapanlagi, dan Rome Beauty. Kecamatan Poncokusumo merupakan daerah penghasil apel terbesar di Kabupaten. Selain itu, di daerah Malang juga terdapat wisata petik apel yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

  1. KotaBatu

Daerah urutan ketiga yang memproduksi buah apel di Jawa Timur adalah Kota Batu. Menurut catatan BPS, pada tahun 2022 Kota Batu dapat memproduksi buah apel sebesar 299.963 kuintal. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya 350.091 kuintal.

Informasi dari berbagai sumber, buah apel sudah menjadi ikon dari Kota Batu. Kota Batu yang terletak di lereng Gunung Arjuno sangat bagus bagi perkembangan buah apel dan sudah menjadi salah satu sentra penghasil buah apel terbesar. Ada berbagai varietas buah apel seperti apel Anna, Manalagi hingga Room Beauty. Daerah yang memproduksi buah apel di Kota Batu salah satunya adalah Kecamatan Bumiaji.

  1. KabupatenMagetan

Diurutan keempat daerah penghasil buah apel adalah Kabupaten Magetan. Menurut catatan BPS, pada tahun 2022, Kabupaten Magetan dapat memproduksi buah apel sebanyak 544 kuintal. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya 286 kuintal. Walaupun buah apel yang dihasilkan oleh Kabupaten Magetan terbilang sedikit, tetapi Kabupaten Magetan menjadi salah satu daerah yang dapat menghasilkan apel di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya