SOLOPOS.COM - Ramai pengunjung Depot Bu Rudy Surabaya di cabang Dharmahusada. (depotburudy.co.id)

Solopos.com, SURABAYA — Depot Bu Rudy yang berlokasi di Jalan Dharmahusada No. 144, Mojo, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur, sudah dikenal luas masyarakat, baik lokal maupun mancanegara. Depot kuliner ini menyajikan berbagai sajian khas Nusantara.

Bu Rudy, pemilik Depot Bu Rudy Surabaya, ini memiliki nama asli Lanny Siswadi. Ia lahir di Madiun pada 10 Oktober 1953.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mengutip dari akun YouTube Hermanto Tanoko yang diunggah pada 16 September 2022, Bu Rudy sudah bekerja sejak umur 11 tahun. Hal itu karena keadaan perekonomian keluarganya yang kurang baik sehingga Bu Rudy memutuskan untuk berhenti sekolah saat kelas 3 SD.

Sejak masih sekolah, Bu Rudy memang sudah pandai berdagang, seperti berjualan kacang, bungkusan jagung, dawet, pecel, dan lain-lain.

Saat ayahnya meninggal pada tahun 1966, Bu Rudy memutuskan ikut saudara ke Surabaya untuk mencari uang. Selama 10 tahun, Bu Rudy menjalani pekerjaan sebagai seorang pembantu toko di Kapasan, Warugunung, dan Songoyudan.

Setelah menikah, Bu Rudy mencoba dunia kuliner dengan berjualan nasi pecel khas Madiun. Bu Rudy berjualan di sekitar Pasar Turi Surabaya dengan mobil pada tahun 1995. Tidak disangka, nasi pecel Bu Rudy ternyata digemari oleh masyarakat di sekitar pasar tersebut.

Meski begitu, Bu Rudy tidak berpuas diri dan terus mencari ide untuk menu kulinernya. Hingga Bu Rudy mencoba untuk membuat makanan dengan mengolah sisa-sisa udang kecil, yang biasa dijadikan umpan memancing suaminya, untuk dijadikan nasi udang.

Untuk melengkapi hidangan khas udang, Bu Rudy menambahkan sambal bawang. Olahan sambal bawang itu memadukan bahan-bahan alami beserta resep istimewa dari Bu Rudy.

Semakin banyak pelanggan, Bu Rudy akhirnya fokus jualan kuliner dengan mengontrak bangunan di kawasan Dharmahusada, yang dinamakan Depot Bu Rudy pada tahun 2000.

Rupanya, menu hidangan yang menggabungkan udang goreng dan sambal bawang buatan Bu Rudy ini banyak disukai masyarakat. Menu tersebut dinamakan dengan Nasi Udang Khas Bu Rudy.

Seperti yang dikutip dari laman depotburudy.co.id, yang diakses pada Kamis (13/7/2023), menu-menu yang menjadi favorit saat mengunjungi Depot Bu Rudy, di antaranya:

 

  1. Nasi Udang Empal : Rp28.000
  2. Nasi Campur : Rp30.000
  3. Nasi Pecel : Rp28.000
  4. Nasi Bakar : Rp28.000
  5. Nasi Ayam Goreng : Rp30.000
  6. Nasi Ayam Bumbu Rujak : Rp33.000

 

Selain hidangan di atas, Depot Bu Rudy juga memiliki berbagai macam kuliner khas Nusantara dalam menunya, seperti rawon, urap-urap, sayur asin, dan lain-lain.

Bukan hanya udang gorengnya saja, minat masyarakat terhadap sambal bawang Bu Rudy juga tinggi. Oleh karena itu, Bu Rudy membuat sambal kemasan. Sambal kemasan Bu Rudy telah menjadi ikon Surabaya.

Sambal kemasan itu dibagi menjadi tiga rasa, yakni sambal bawang, sambal ijo, dan sambal bajak. Harganya mulai dari Rp27.000-Rp30.000 per kemasan. Pengunjung dapat membeli sambal kemasan tersebut di Pusat Oleh-oleh Bu Rudy, yang bercabang di Surabaya Timur dan Surabaya Barat.

Sampai saat ini, kesuksesan Bu Rudy telah menghantarkannya membuka 7 cabang depot yang tersebar di Surabaya dan Gresik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya