SOLOPOS.COM - Desa Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan. (kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, MAGETAN — Kabupaten Magetan adalah daerah yang terletak di paling ujung barat Jawa Timur, berbatasan dengan Jawa Tengah. Dilihat dari topografinya, sebagian wilayah Kabupaten Magetan berlokasi di kaki Gunung Lawu.

Karena berada di ketinggian, membuat Kabupaten Magetan sering menjadi jujugan masyarakat untuk berwisata sekaligus melepas penat karena menyajikan suasana yang indah dan sejuk.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satu objek wisata yang populer dan menjadi andalan untuk berlibur adalah Telaga Sarangan. Berikut lima kecamatan di Kabupaten Magetan yang terletak paling tinggi dilansir dari buku Kabupaten Magetan Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magetan.

  1. Kecamatan Poncol

Kecamatan paling tinggi di Kabupaten Magetan adalah Kecamatan Poncol yang lokasinya berada di 948 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Poncol terletak di bagian selatan dan berjarak sekitar 14 kilometer dari ibu kota kabupaten ke arah barat daya melalui Sarangan.

Wilayahnya terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan. Salah satu destinasi wisata yang paling populer adalah wisata Genilangit yang menyajikan banyak wahana seru, area outbound, dan berbagai spot foto Instagramable.

  1. Kecamatan Plaosan

Daerah yang terletak paling tinggi kedua adalah Kecamatan Plaosan. Kecamatan ini terletak di 874 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berjarak sekitar 11 Kilometer dari ibu kota kabupaten Magetan ke arah barat. Kecamatan Plaosan memiliki tempat wisata paling favorit di Magetan, Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan menjadi spot paling favorit bagi wisatawan untuk melepas penat karena menyajikan panorama alam yang indah. Selain itu, ada wisata Mojosemi Forest Park yang menghadirkan wisata keluarga berupa wanawisata seru dan menyenangkan. Seperti ATV, area kemah, pertunjukan dinosaurus, air terjun hingga tempat glamping.

Kecamatan Plaosan juga menjadi daerah yang memiliki tanah subur sehingga memiliki potensi di bidang pertanian dan perkebunan. Dilansir dari plaosan.magetan.go.id, irigasi di Kecamatan Plaosan sangat mendukung karena banyaknya sumber mata air yang ada di hutan lereng gunung.

  1. Kecamatan Sidorejo

Kecamatan Sidorejo adalah kecamatan yang terletak paling tinggi ketiga di Kabupaten Magetan.

Kecamatan ini berjarak sekitar 7 Kilometer dari ibu kota kabupaten Magetan ke arah barat. Lokasinya terletak di ketinggian 626 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Sidorejo memiliki tanah yang cukup subur sehingga memiliki berbagai macam potensi alam yang melimpah seperti sayuran, buah-buahan dan peternakan.

  1. Kecamatan Panekan

Kecamatan tertinggi keempat adalah Kecamatan Panekan dengan ketinggian mencapai 556 meter di atas permukaan laut.

  1. Kecamatan Magetan

Sedangkan diurutan kelima ada Kecamatan Magetan dengan ketinggian wilayah mencapai 453 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Magetan merupakan pusat pemerintahan atau menjadi ibu kota Kabupaten Magetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya