SOLOPOS.COM - Bendera merah putih berukuran jumbo dibentangkan saat saat upacara bendera HUT ke78 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Madiun, Kamis (17/8/2023). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Ratusan peserta mengikuti upacara bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Madiun, Jawa Timur, secara khidmat, Kamis (17/8/2023). Wali Kota Madiun, Maidi, memberi pesan kepada generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Dalam upacara tersebut juga ada atraksi dari Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha yang memukau para peserta. Anggota TNI itu melakukan berbagai atraksi, mulai dari bela diri, penampilan tari leong naga, menaklukkan perusuh bersenjata, hingga pengibaran bendera merah putih berukuran jumbo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Wali Kota dalam acara itu menyampaikan ulang tahun kemerdekaan ini untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam memerdekakan negara Indonesia. Tentunya, generasi penerus harus mengisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

“Tentunya pengabdian kita ke negara harus semakin berkualitas dan bertambah juga,” kata Maidi.

hut kemerdekaan pemkot madiun
Wali Kota Madiun Maidi saat memberikan bendera merah putih kepada tim paskibra saat upacara bendera HUT ke78 Kemerdekaan RI di Alun-alun setempat, Kamis (17/8/2023). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Dia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendoakan kepada para pendiri bangsa yang kini menjadi pahlawan supaya masuk ke surganya Allah.

“Kemerdekaan yang sudah 78 tahun ini diisi dengan kegiatan yang benar-benar bermanfaat. Harus lebih bagus, berkualitas, dan sejahtera,” katanya.

Peringatan kemerdekaan juga tidak terpusat di Alun-alun Kota Madiun saja, pada saat detik-detik proklamasi para pengguna jalan di lima titik persimpangan ikut berhenti sejenak dan mengheningkan cipta. Lima titik lokasi itu berada di Simpang Tugu Pendekar, Perempatan Tugu Nol, Simpang Patung Pecel, Simpang PG Rejo Agung, dan Jembatan Manguharjo.

“Seluruh pengguna jalan mengheningkan cipta bersama,” kata Kasatlantas Polres Madiun Kota, AKP Nanang Cahyono.

Saat mengheningkan cipta itu, petugas dari kepolisian, Dishub, dan Satpol PP membantu mengatur prosesi sakral ini. Selama hampir lima menit, para pengguna jalan dengan khidmat berdiam sejenak meresapi detik-detik proklamasi. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya