SOLOPOS.COM - ilustrasi preman JIBI/SOLOPOS/Dok)

Beking preman menjadi masalah yang dihadapi kaum buruh di Jatim.

Madiunpos.com, SURABAYA – Ratusan buruh tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur (Jatim) menggelar aksi demo di depan Mapolda Jatim. Mereka mendesak Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anas Yusuf menindak tegas oknum polisi yang menjadi beking preman dan pengusaha.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dengan terpaksa kita datang ke markas Polda Jawa Timur. Karena semua pelanggaran pengusaha di Jatim dibiarkan di daerah di Jawa Timur,” teriak orator di sela aksinya di depan Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Kamis (19/3/2015).

Ia menegaskan, polisi harusnya mengayomi dan membekingi rakyatnya. “Tapi apa yang terjadi di lapangan, kita berhadap-hadapan dengan preman. Bahkan preman-preman itu dimakelari oknum kepolisian polda,” cetusnya.

Sementara itu, Pangkorda Garda Metal Surabaya Supriyadi menambahkan banyak pelaporan yang sudah masuk ke Polda Jatim hanya jalan ditempat dan tidak ada perkembangan tindak lanjutnya.

Seperti laporan kasus gaji dibawah upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Duta Cipta Perkasa, ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim sejak dua bulan lalu.

“Perkembangannyan dari pihak kita sudah dimintai keterangan. Tapi dari pihak pengusaha dan lainnya belum diperiksa,” ujarnya.

Supriyadi menambahkan, ada indikasi oknum Polda Jatim yang bermain di balik dari setiap kasus di perusahaan, terutama kasus-kasus perburuhan.

“Mereka banyak menjadi backing dari pengusaha-pengusaha hitam. Kemudian mereka juga menjadi calo, sehingga kenyataan di lapangan, kita diadu dengan preman. Oknum tadi berada dibalik preman-preman itu,” jelasnya.

“Kami meminta bertemu kapolda dan meminta oknum-oknum tadi ditindak tegas. Dan ada progres dari setiap perkembangan kasus-kasus yang sudah kita laporkan ke Polda Jatim,” tandasnya.

Aksi ratusan buruh FSPMI ini mendapatkan penjagaan dari sabhara Polda Jatim, Polrestabes dan Polsek Gayungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya