SOLOPOS.COM - Rekaman CCTV saat Begal Dibegal (Istimewa/Youtube)

Begal motor tak pernah diharapkan kehadirannya oleh siapapun. Namun, jika kawanan begal ini datang dan mengancam keselamatan Anda, inilah yang harus dilakukan.

Madiunpos.com, PONOROGO –Jika Anda gemar menempuh perjalanan panjang, tak ada salahnya mulai mewaspadai bahaya kawanan begal. Apalagi, aksi begal saat ini mulai marak dan kerap melakukan tindakan keji.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pegiat Ponorogo Beat Club (POBEC), Ilham Firdausi, mengatakan untuk menghadapi kawanan begal, biker setidaknya harus memiliki sejumlah “senjata” dan trik meloloskan diri. Pria yang mengaku pernah bertemu dengan rombongan bersenjata di jalan raya ini menyebutkan sejumlah “senjata” yang wajib dimiliki biker.

Pertama, biker yang akan bepergian jauh, wajib mengerti situasi dan seluk beluk jalan yang akan dilewati, meskipun itu jalan  yang paling dekat.

Kedua, jangan sekali-kali memilih jalan yang sepi, kecuali dengan alasan yang sangat terpaksa. Carilah jalan yang ramai dan sering dilewati pengendara lain.

Ketiga, memiliki kemauan yang tinggi untuk keamanan diri sendiri.

Keempat, biker harus membekali diri dengan helm, jaket, body protector, dan kalau perlu strom kejut.

Kelima, hindari menempuh perjalanan jam rawan, mulai pukul 23.00 WIB sampai 04.00 WIB.

Keenam, pakailah atribut club motor serta berdandan ala club motor.

Ketujuh, jika ada pengendara mencurigakan dan mengimpit kita, jangan sekali-kali berhenti. mendadak. Gunakan kaki terkuat Anda untuk menendang pengendara yang mengancam Anda. Lalu, paculah kendaraan lebih kencang namun tetap fokus.

Kedelapan, jika masih memungkinkan bisa menghindar atau lolos, segera salip dan mencari tempat ramai untuk berhenti.

Kesembilan, Jika Anda diberhentikan kawanan begal bersenjata tajam atau bersenapan api, Anda harus ingat keluarga di rumah. Ingat bahwa nyawa Anda jauh lebih berharga ketimbang harta benda.

Relakan saja harta-benda Anda dirampas. Cobalah Anda berpura-pura rela dan tak akan mempermasalahkan asal tak menghabisi nyawa Anda. Namun, Anda harus ingat betul-betul wajah dan ciri-ciri pelaku guna pelaporan ke kepolisian. (Rio Wicaksono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya