SOLOPOS.COM - Keindahan tebing Karang Bolong, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2022). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, PACITAN — Provinsi Jawa Timur yang memiliki luas wilayah 47.830,49 km persegi dihuni sebanyak 40,88 juta jiwa per 2021. Dari puluhan juta jiwa tersebut tersebar di 38 daerah yang terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota.

Kota Surabaya merupakan daerah terpadat dan teramai di Provinsi Jawa Timur. Dengan jumlah penduduk di kota ini sebnayak 2,874 juta jiwa. Kepadatan penduduk di kota ini mencapai 8.217 jiwa per km persegi. Artinya dalam satu kilometer persegi tanah di Kota Surabaya dihuni sebanyak 8.217 orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kalau Kota Surabaya menjadi daerah terpadat dan teramai, lantas di mana daerah tersepi di Jawa Timur?

Berdasarkan buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menyebutkan daerah yang paling lengang dan tersepi yakni di Kabupaten Pacitan.

Baca Juga: Surabaya Jadi Daerah Terpadat di Jawa Timur, Ini Datanya..

Berdasarkan data BPS, kepadatan penduduk di Pacitan dalam satu kilometer persegi hanya dihuni 424 jiwa. Sebenarnya jumlah penduduk di Kabupaten Pacitan, bukan yang paling sedikit di Jawa Timur. Namun, Kota Mojokerto merupakan daerah di Jatim yang memiliki penduduk paling sedikit yakni sebanyak 132.000 jiwa.

Sedangkan di Pacitan jumlah penduduknya mencapai 589.000 jiwa. Tetapi, karena luas wilayah di Pacitan ini lumayan luas, sehingga kepadatan penduduknya tidak terlalu tinggi. Luas wilayah Pacitan mencapai 1.389,92 km persegi.

Profil Kabupaten Pacitan

Kabupaten Pacitan yang menjadi daerah tersepi di Jawa Timur ini berada di ujung barat daya. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, di sebelah utara. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo. Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Baca Juga: Jambret Dompet Emak-Emak di Ponorogo, Pria Asal Madiun Ditangkap Warga

Sebagai besar wilayah di Pacitan merupakan karst yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Sewu. Selain itu, di kabupaten kelahiran mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut memiliki potensi pantai yang sangat indah.

Di daerah ini terdapat pantai wisata yang cukup banyak, seperti Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Telengria, Pantai Kasap, dan lainnya.

Bukan hanya itu, Pacitan juga terkenal dengan wisata guanya. Yaitu di Gua Gong, Gua Tabuhan, Gua Kalak, dan Gua Luweng Jaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya