SOLOPOS.COM - Kawah Gunung Ijen. (kabarbumn.com)

Solopos.com, BONDOWOSO — Banjir bandang kembali menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin (3/4/2023) sore. Selain banjir bandang, tanah longsor juga terjadi di Puncak Malabar yang menutup akses jalan menuju wisata Kawah Ijen.

Pada Februari 2023, banjir bandang juga menerjang daerah ini. Sehingga pada awal tahun ini, sudah dua kali banjir bandang menerjang daerah ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bondowoso, Dadan Kurniawan, mengatakan banjir bandang yang membawa material lumpur, pasir, dan ranting pohon ini tidak sampai menerjang permukiman warga di Desa Sempol dan Desa Kalisat.

“Informasi teman-teman yang saat ini sudah tidak di lokasi, banjir bandang tidak sebesar seperti yang terjadi pada Februari lalu,” kata dia.

Dadan menyampaikan banjir bandang kali ini terjadi akibat luapan dari sungai maupun saluran irigasi yang tak mampu menampung debit air. Sehingga air pun membanjiri jalan desa di kawasan lereng Gunung Ijen tersebut.

“Sampai dengan malam ini informasi dari teman-teman di lokasi, untuk sementara banjir bandang tidak separah dua bulan lalu. Kami juga belom dapat info mengenai kerusakan akibat banjir,” kata Dadan.

Di waktu yang hampir bersamaan, bencana longsor juga terjadi di Puncak Malabar, Kecamatan Ijen, dan menutup akses jalan menuju wisata Kawah Ijen.

“Ada empat titik longsor di Malabar, sehingga akses menuju Desa Sempol tertutup material longsor. Di titik satu dan dua longsor sekitar 30 meter, sedangkan titik tiga dan empat longsor cukup panjang, yakni sekitar 150 meter, dan menutup badan jalan,” katanya.

Untuk menangani material longsor yang menutup akses ke wisata Kawah Ijen itu, kata Dadan, pada malam ini juga menerjunkan alat berat.

“Kalau malam ini sementara akses hanya bisa dilalui sepeda motor, kendaraan roda empat belum bisa. Malam ini juga Insya-Allah alat berat mulai menangani longsor di Malabar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya