SOLOPOS.COM - Petugas dari BPBD Ponorogo beserta warga membersihkan pohon yang roboh di jalan Ponorogo-Trenggalek, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Senin (30/1/2017) malam. (Istimewa/BPBD Ponorogo)

Angin kencang Ponorogo, dua jalan nasional di sempat macet gara-gara pohon tumbang.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sejumlah pohon di jalan Ponorogo-Pacitan, Desa Nailan, Kecamatan Slahung, dan jalan Ponorogo-Trenggalek, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, tumbang diterjang angin kencang, Senin (30/1/2017) sekitar pukul 18.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Arus lalu lintas di dua ruas jalan nasional itu sempat macet beberapa saat karena pohon yang roboh itu memenuhi badan jalan. Pantauan Madiunpos.com, Senin sore, hujan deras disertai angin kencang mengguyur hampir di seluruh wilayah Ponorogo hingga Senin petang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan laporan dari tim lapangan menyebutkan ada sejumlah pohon tumbang di Kecamatan Slahung, Sawoo, Badegan, Mlarak, dan Ponorogo.

Namun, dampak yang paling parah yaitu di Slahung dan Sawoo karena menutup akses jalan nasional di lokasi tersebut. “Hujan deras disertai angin kencang mengguyur hampir di seluruh wilayah Ponorogo. Sejumlah pohon roboh karena tertiup angin kencang,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Senin.

Budi menuturkan di jalan Ponorogo-Pacitan, Desa Nailan, Kecamatan Slahung, pohon jati tumbang dan batang pohon menutup akses jalan penghubung antarkabupaten itu. Selain itu, di jalan Ponorogo-Trengggalek, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, pohon jati juga tumbang dan batangnya melintang di tengah jalan.

Selain menutup jalan, seorang pengendara sepeda motor di jalan Ponorogo-Trenggalek mengalami luka ringan karena tertimpa ranting pohon. Arus lalu lintas sempat macet dan kembali normal setelah warga dan petugas BPBD membersihkan batang pohon di jalan itu.

“Sempat membuat macet tapi hanya beberapa menit, setelah itu lalu lintas lancar kembali,” jelas dia.

Budi mengimbau pengguna jalan lebih waspada dan berhati-hati saat hujan deras disertai angin. Banyak pohon di tepi jalan yang bisa kapan saja tumbang.

Saat ini tim dari BPBD Ponorogo beserta warga setempat melakulan kerja bakti untuk membersihkan jalanan tersebut dari batang pohon yang melintang di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya